Menparekraf Sebut Vaksinasi Asyik di Tempat Piknik

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan sentra vaksinasi di Petak Enam merupakan bagian dari program vanic, yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Tagar/Dok Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan sentra vaksinasi di Petak Enam merupakan bagian dari program 'vanic', yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik, sehingga dapat membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi.

Hal ini disampaikan Sandiaga saat mengunjungi sentra vaksinasi yang terletak di Kampung Wisata Pecinan yaitu Petak Enam, Jakarta Barat, Sabtu. Vaksinasi yang berlangsung selama satu hari ini, diinisiasi oleh Ikatan Alumni Lemhannas Komisariat Provinsi (IKAL KOMPROV) DKI Jakarta dengan Pemprov DKI, Kementerian Kesehatan, dan Polda Metro Jaya, dengan target 1,000 peserta.


Kita harapkan sentra ini bisa membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi karena kita perlu 70 persen dari populasi kita untuk populasi di Indonesia untuk divaksinasi.


Petak Enam merupakan salah satu kampung wisata yang menjadi saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial sampai hari ini sehingga berpotensi menjadi heritage village.

Dalam kunjungannya, Sandiaga menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan sentra vaksinasi di salah satu kawasan wisata. 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung program pemerintah yang menargetkan dua juta vaksinasi per hari, sehingga herd immunity dapat segera tercapai.

"Terimakasih IKAL KOMPROV DKI serta semua yang mendukung. Mudah-mudahan dengan 1.000 target partisipasinya hari ini, bisa menjadi 10.000, kemudian 1 juta dan mencapai 2 juta per hari," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya pada Sabtu, 31 Juli 2021. 

Selain di Petak Enam, Jakarta Barat ini, ada juga sentra-sentra vaksinasi yang berada di kawasan wisata, seperti South Shore Jalan Pantai Selatan Jawa, Gunung Kidul, Jawa Tengah, serta Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat.

"Kita harapkan sentra ini bisa membangkitkan minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi. Karena kita perlu 70 persen dari populasi kita untuk populasi di Indonesia untuk divaksinasi, agar mencapai herd immunity atau kekebalan komunal," kata Sandiaga.

"Dan menurut data dari dokter di Amerika bahwa dengan divaksin kita 10 kali dapat menurunkan risiko tertular dan tiga kali lebih baik, seandainya kita terpapar Covid-19 setelah di vaksin, maka gejalanya akan cenderung ringan atau tanpa gejala sama sekali," ucapnya.

Sandiaga juga berpesan agar masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin. Sebab semua vaksin yang disediakan pemerintah aman dan halal untuk semua orang. 

"Kita harapkan masifnya program vaksinasi bisa membawa kebangkitan dan pemulihan khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ucapnya. []

Berita terkait
Sandiaga: Izin Usaha Mudah, Lapangan Kerja Tercipta
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Unomengatakan saat ini izin usaha mudah.
Sandiaga: Game Lokal Siap Mendunia, Ciptakan Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa game lokal siap mendunia dan menciptakan lapangan kerja untuk anak bangsa.
Sandiaga Ajak Warga Singapura Wisata Virtual ke Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Kedutaan Besar RI di Singapura mengajak warga Singapura wisata secara virtual ke Gunung Bromo dan Labuan Bajo.
0
Menparekraf Sebut Vaksinasi Asyik di Tempat Piknik
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan sentra vaksinasi di Petak Enam merupakan bagian dari program vanic, yaitu vaksinasi asyik di tempat piknik.