Menko Marves: Mal Boleh Buka Saat PPKM Level 4 25 Persen

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pusat perbelanjaan atau mal sudah boleh dibuka.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Tagar/Viva)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pusat perbelanjaan atau mal sudah boleh dibuka kembali dengan kapasitas 25 persen pengunjung. 

Hal disampaikan menindaklanjuti tentang keputusan pemerintah untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 sampai 2 Agustus 2021. Namun, ada perubahan kebijakan yang diberikan kelonggaran seperti untuk pusat perbelanjaan.


Pelaksanaan kegiatan konstruksi non konstruksi infrastruktur publik dapat beroperasi dengan maksimal pekerjaan 10 orang.


"Kegiatan pada pusat perbelanjaan, pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen sampai dengan 17.00 waktu setempat," kata Luhut saat konferensi pers secara virtual, Minggu, 25 Juli 2021. 

Ia juga mengatakan untuk warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka juga diizinkan buka sampai pukul 20.00 waktu setempat. Namun, mereka harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Waktu maksimal waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit dan kami sarankan selama makan, karena tidak memakai masker jangan banyak berkomunikasi," ujar Luhut.

Selain itu, untuk kegiatan konstruksi juga sudah mulai diperbolehkan oleh pemerintah. Maksimal pekerja berjumlah 10 orang. Sehingga mengurangi aktivitas bertatap muka langsung. 

"Pelaksanaan kegiatan konstruksi non konstruksi infrastruktur publik dapat beroperasi dengan maksimal pekerjaan 10 orang," ujarnya. []

Berita terkait
Luhut Minta Tokoh Agama Sosialisasikan 5M Kepada Masyarakat
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan 5M kepada masyarakat da juga meminta Menang melakukannya.
Luhut Soal Blusukan PPKM Jokowi: Pak, Hati-hati Covid-19
Luhut menuturkan obrolan dirinya bersama Jokowi terkait tugas yang diembannya sebagai presiden yaitu membrantas kemiskinan.
Luhut Optimis Kasus Covid-19 Akan Membaik Akhir Juli
Luhut menyebut telah terjadi penurunan yang signifikan terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga ada harapan sebaran varian Delta reda.
0
Menko Marves: Mal Boleh Buka Saat PPKM Level 4 25 Persen
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pusat perbelanjaan atau mal sudah boleh dibuka.