Luhut Minta Tokoh Agama Sosialisasikan 5M Kepada Masyarakat

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan 5M kepada masyarakat da juga meminta Menang melakukannya.
Menterian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Tagar/Dok Kemenko Marves)

Jakarta - Menterian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan 5M kepada masyarakat. Ia juga meminta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk mengerahkan penyuluh agama hingga ke tingkat desa untuk mengajak dan mengkampanyekan 5M ini.

Protokol kesehatan 5M tersebut, yaitu disiplin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas yang disingkat dengan 5M. Hal tersebut untuk memaksimalkan perlindungan diri terhadap potensi penularan Covid-19.

"Saya minta menteri agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa, untuk mendekati tokoh agama dengan masyarakat mengenai 5M," kata Luhut dalam rapat koordinasi kampanye 5M, Jumat, 23 Juli 2021.

"Dan untuk 5M ini, sesuai arahan Pak Presiden, maka mohon Kepala BNPB jadi ketuanya, dengan kampanye diprioritaskan di daerah padat penduduk di 7 wilayah aglomerasi Pulau Jawa dan Bali, nanti kita semua juga bantu backup," ujarnya. 


Saya minta menteri agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa untuk mendekati tokoh agama dengan masyarakat mengenai 5M.


Luhut juga mengatakan, penting adanya edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi prokes ini. Seperti menggunakan masker yang sudah terbukti mengurangi potensi penularan corona.

Menanggapi Luhut, Menag yang turut hadir juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan semua kebijakan yang bertujuan mengurangi atau menahan laju virus.

"Untuk tokoh agama ini kami lakukan secara berjenjang dengan penyuluh agama untuk ini agar Senin, 26 Juli 2021 mereka bisa on fire," kata Menag Yaqut.

Ia juga mengatakan terdapat 40-50 ribu penyuluh agama di bawah Kemenag hingga level desa yang dapat difungsikan sebagai duta kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi kepada tokoh agama dan masyarakat. []

Berita terkait
Luhut Optimis Kasus Covid-19 Akan Membaik Akhir Juli
Luhut menyebut telah terjadi penurunan yang signifikan terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat, sehingga ada harapan sebaran varian Delta reda.
Menko Luhut Pandjaitan Bilang Varian Delta Bisa Diturunkan
Hal ini berdasarkan evaluasi dari pelaksanaan PPKM Darurat yang telah diselenggarakan sejak 3 Juli 2021 lalu.
Menko Luhut: Kasus Covid-19 di DKI Jakarta Sudah Menurun
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasusu Covid-19 DKI Jakarta sudah menurun dana akan disusul oleh Pulau Bali.
0
Luhut Minta Tokoh Agama Sosialisasikan 5M Kepada Masyarakat
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama untuk ikut mensosialisasikan 5M kepada masyarakat da juga meminta Menang melakukannya.