UNTUK INDONESIA
Menko Luhut: 3 Strategi Penanganan Covid-19 Telah Ditentukan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada tiga strategi yang telah ditentukan dalam penanganan pendemi covid-19.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto:Tagar/Twitter Dewaabyu)

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada tiga strategi yang telah ditentukan dalam penanganan pendemi covid-19. Pertama, perubahan perilaku dan deteksi awal penyebaran, kedua pembangunan pusat-pusat karantina dan isolasi, serta ketiga manajemen perawatan covid-19.

Menerapkan standar terapi ini supaya betul-betul standarnya sama sesuai dengan panduan tata laksana klinis yang terus disosialisasikan oleh Kemenkes.

Dalam mengimplementasikan strategi ini, kerja sama dan sinergisitas antar lembaga/instasi sangat penting dilakukan untuk menekan laju angka kasus virus corona atau covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Terutama, di 4 provinsi yang memiliki peningkatan kasus terkonfirmasi positif seperti Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Timur dan Papua.

Menko Luhut "Saya mohon kita semua mengacu kepada tiga strategi tadi, baik dari Kemenkes, Satgas maupun Gubernur, Kapolda, Pangdam. Semua kita mengacu pada strategi itu supaya kita betul-betul satu tim, jadi tidak ada yang jalan sendiri-sendiri," ucap Luhut dalam rapat virtual penanganan Covid-19 di Jakarta pada hari Rabu, 21 Oktober 2020.

Menko Marves melanjutkan, "Menerapkan standar terapi ini supaya betul-betul standarnya sama sesuai dengan panduan tata laksana klinis yang terus disosialisasikan oleh Kemenkes”.

“Setiap Dinkes harus terus meningkatkan partisipasi tenaga kesehatannya pada sosialisasi dimaksud. Kedua memastikan setiap rumah sakit rujuan itu memiliki kapasitas tempat tidur, medical supplies dan equipment yang memadai dan menjalakan protokol tersebut," katanya.

Menurut Menko Luhut, penanganan yang dilakukan para gubernur dan para pemangku kepentingan lain di 8 provinsi yang menjadi prioritas sejauh ini sudah terbilang baik. []

Berita terkait
Luhut Koordinasikan Targeted Testing dan Tracing Covid-19
Kemenko Maves mengadakan Rapat Koordinasi Targeted Testing dan Tracing Covid-19 untuk menangani melonjaknya kasus penderita Covid-19.
Luhut Luncurkan Restorasi Terumbu Karang Terluas di Dunia
Menko Maves Luhut Pandjaitan, resmi meluncurkan program PEN Restorasi terumbu karang terluas di dunia.
Luhut: Koordinasi Jadi Kunci Turunkan Angka Positif Covid-19
Menko Luhut Pandjaitan mengatakan, konfirmasi kasus positif Covid-19 mingguan di Jawa Tengah mengalami kenaikan tapi kasus mortalitasnya menurun.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.