Menko Airlangga: Indonesia-Singapura Bangun Jembatan Digital di Batam

Menko Airlangga menuturkan, pemerintah Indonesia dan Singapura akan membangun jembatan digital di Nongsa Batam.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/Kemenko Perekonomian)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, pemerintah Indonesia dan Singapura akan membangun jembatan digital di Nongsa Batam. Kerjasama ini, disepakati  saat Airlangga bertemu Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat.

Menko Airlangga berharap, dengan jembatan digital Indonesia-Singapura dapat terwujud keberadaan Batam sebagai pusat pengembangan data center dan pusat pengembangan industri digital di Indonesia.

KEK Nongsa Digital Park ini diharapkan dapat menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 – 30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional.

Sebelumnya, pada 2 Maret 2021 lalu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park di Batam telah diresmikan. KEK tersebut, diharapkan akan menjadi entry point bagi perusahaan Teknologi Informasi internasional dari Singapura dan mancanegara.

"KEK Nongsa Digital Park ini diharapkan dapat menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 – 30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional," tutur Menko Airlangga Jumat, 12 Maret 2021.

Lebih lanjut, Singapura dan Indonesia juga akan mengutamakan kerjasama pelatihan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis Teknologi Informasi. []

Berita terkait
Menko Airlangga: Penanganan Covid-19 Mulai Membuahkan Hasil
Menko Airlangga menyampaikan, penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah mulai membuahkan hasil.
Penjelasan Menko Airlangga Soal Insentif PPnBM dan Properti
Pemerintah memiliki sejumlah pertimbangan dalam memberikan insentif PPnBM dan PPN Properti, berikut penjelasan Menko Airlangga Hartarto.
Menko Airlangga: B30 Stabilkan Harga dan Sejahterakan Petani
Menko Airlangga mengatakan, pemanfaatan lahan untuk sawit lebih efektif dibanding untuk tanaman minyak nabati lain.
0
Erdogan Dituding Bos Mafia Mempersenjatai Jihadis di Suriah
Sedat Peker, gembong mafia Turki yang hidup di pengasingan, melalui YouTube, tuding pemerintah Turki persenjatai jihadis Suriah