Menkes Terawan Agus Putranto Ingin Pers Tidak Buat Gaduh

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengakui pers memegang peranan penting beritakan perkembangan pandemi corona. Namun, jangan gaduh.
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengakui pers memegang peranan penting beritakan perkembangan pandemi corona. Namun, jangan gaduh. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengakui pers memegang peranan penting untuk membantu pemerintah dalam menghambat laju persebaran virus corona atau Covid-19.

Akan tetapi, ia menginginkan para pelaku jurnalistik di Indonesia selalu memberitakan positif mengenai pandemi yang mewabah global ini. 

Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh.

"Pers punya peran yang signifikan dalam rangka menghambat laju corona, tentu dengan memberitakan kabar yang benar tentang pandemi," kata Terawan melalui siaran pers yang dirilis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dikutip dari TirtoSabtu, 3 September 2020.

Baca juga: Pengamat Bongkar Kelemahan Menkes Terawan Agus Putranto

Menurutnya, pers di negara Singapura membela negaranya melalui pemberitaan yang tidak simpang siur terkait pandemi virus corona ini.

"Contoh keberhasilan beberapa negara di luar seperti Singapura dan negara lain berkat pers yang membela negaranya lewat pemberitaan yang benar," ucapnya. 

"Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh," ujar dia lagi. 

Baca juga: Gawat, Menkes Terawan Agus Putranto Dapat Ponten 5 Tangani Pandemi

Terawan menilai pers sudah seperti pahlawan, karena tak henti-hentinya memberikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang baik dan benar di tengah pandemi ini. 

"Media adalah pahlawan bangsa seperti di masa pandemi ini, di saat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran Covid-19," ucap Terawan.

Semua itu dikatakannya, saat menerima kunjungan PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari dan didampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi. Dalam pertemuan tersebut, Menkes Terawan Agus Putranto juga mengatakan akan hadir dalam diskusi Mappilu PWI yang dilaksanakan jelang Pilkada Serentak 9 Desember. []

Berita terkait
Denny Siregar: Perbedaan Terawan, Anies Baswedan dan Rizal Ramli
Menkes Terawan Agus Putranto tidak datang ke acara Mata Najwa Shihab karena dia bukan Anies Baswedan, bukan Rizal Ramli. Denny Siregar.
Sudah Saatnya Presiden Jokowi Evaluasi Menkes Terawan
Pengamat Politik Karyono Wibowo menyarankan Presiden Jokowi mengevaluasi kinerja Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.
Menkes Terawan Bahayakan Rakyat, Fadli Zon: Istirahatkan
Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengaku telah mewanti-wanti agar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diistirahatkan karena membahayakan rakyat.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.