Menkes Bahagia Vaksinasi Tembus Satu Juta untuk Nakes

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ungkapkan rasa bahagianya atas cakupan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan yang capai satu juta.
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Tagar/KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ungkapkan rasa bahagianya atas cakupan vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang telah mencapai 1 juta orang pada Kamis, 11 Februari 2021.

“Hari ini saya bahagia karena vaksinasi tembus satu juta bagi tenaga kesehatan,” ucapnya setelah audiensi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan KPK terkait vaksinasi Covid-19 di gedung KPK.

Tenaga kesehatan yang telah datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk divaksinasi hampir sekitar 1,3 juta orang tapi karena sebagian dari tenaga kesehatan tersebut yang memiliki komorbid dan sedang hamil, sehingga ada 1 juta tenaga kesehatan yang bisa divaksinasi.

Hari ini saya bahagia karena vaksinasi tembus satu juta bagi tenaga kesehatan,

Sementara untuk target jumlah Nakes yang divakisnasi yakni sebanyak 1,48juta dan pada Kamis, 11 Februari 2021 sebesar 85% sudah dilayani. Dengan begitu setelah vaksinasi tenaga kesehatan ini bisa dilanjutkan dengan vaksinasi bagi petugas publik.

“Yang termasuk kriteria petugas publik di antaranya orang yang pekerjaannya sehari-hari bertemu dengan orang banyak,” ujarnya Menkes.

Tidak hanya vaksinasi untuk petugas publik, vaksinasi untuk orang lanjut usia (Lansia) di atas 60 tahun pun dipercepat, vaksinasi untuk Lansia sendiri telah dimulai awal minggu ini.

“Kita program vaksinasi targetnya adalah memberikan vaksin ke 181,5 juta rakyat Indonesia usia di atas 18 tahun. Jadi butuh 363 juta dosis karena masing-masing butuh 2 dosis, ditambah 15% cadangan, jadi total ada 426 juta dosis vaksin,” ucap Budi Gunadi Sadikin. []

Berita terkait
Dua Jurus Basmi Covid-19 Menurut Menkes Budi Gunadi
Menkes ungkap dua strategi untuk memenangkan perang melawan pandemi virus corona atau Covid-19.
Kemenkes Tetapkan Rapid Test Antigen untuk Lacak Kasus Covid
Kementerian Kesehatan tetapkan penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen sebagai salah satu metode dalam pelacakan Covid-19.
Budi Gunadi Ingatkan Soal Corona, Pernusa: Menkes Menggurui Jokowi
Ketua Umum Pernusa, KP Norman Hadinegoro meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi untuk tidak menggurui Jokowi soal melonjaknya Covid-19.
0
Kebijakan Biden Atasi Kesenjangan Kesejahteraan Antarras
Dalam kunungan Tulsa, Oklahoma ke Biden mengumumkan langkah-langkah untuk mempersempit kesenjangan kesejahteraan antarras