Menhub Inspeksi Manajemen Pengelolaan Air di Bandara

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi manajemen pengelolaan air di Bandara Halim Perdanakusuma.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi manajemen pengelolaan air di Bandara Halim Perdanakusuma. (Foto:Tagar/Dephub)

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi manajemen pengelolaan air di Bandara Halim Perdanakusuma.

Pengecekan dilakukan untuk mencegah banjir yang pernah terjadi bandara ini. Inspeksi tersebut dilakukan langsung setelah Menteri Perhubungan mendarat dari kunjungan kerja di Semarang Jawa Tengah, pada Minggu, 7 Februari 2021.

"Saya mengecek langsung untuk mengetahui kesiapan pengelola Bandara Halim Perdanakusuma dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini. Saya ingin tahu bagaimana kondisi drainasenya. Bagaimana kolam penampungan airnya. Jangan sampai terjadi banjir lagi," ujar Budi Karya.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menyampaikan bahwa puncak musim hujan 2020/2021 di wilayah Indonesia diprediksikan berlangsung antara Januari-Februari 2021.

Saya ingin tahu bagaimana kondisi drainasenya. Bagaimana kolam penampungan airnya. Jangan sampai terjadi banjir lagi

Selain kolam penampungan, Menteri Budi juga melihat Sungai Kali Cipinang yang terletak berdampingan dengan area bandara.

Kali Cipinang ini pengelolaannya berada dalam wewenang pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR. Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko banyak memberi masukan agar Bandara Halim Perdanakusuma tak terendam banjir, khususnya berkaitan dengan penanganan Kali Cipinang.

"Saya telah menginstruksikan Pak Awal (Dirut PT Angkasa Pura II), untuk berkoordinasi intens tentang penanganan banjir di bandara ini langsung dengan Pak Jarot, khususnya berkaitan dengan manajemen pengelolaan air," ujar Menteri Perhubungan.

Awal tahun lalu, runway Bandara Halim Perdanakusuma, serta area bandara tempat hilir mudik penumpang pesawat terbang pernah terendam air.

Akibatnya, penerbangan di bandara ini terganggu, lalu dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Menhub Tinjau Stasiun Kereta Api Tawang yang Tergenang Air
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau kondisi Stasiun Kereta Api Tawang.
Saran Menhub Atasi Banjir Bandara - Stasiun Tawang Semarang
Menhub Budi Karya Sumadi cek kondisi Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Tawang Semarang. Menhub beri saran untuk atas banjir di 2 obyek vital itu.
Menhub Cek Penerapan Protokol Kesehatan Pelabuhan Ambon
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan ke Pelabuhan Yos Sudarso Ambon memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan baik.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.