Menhub Budi Apresiasi Inovasi Teknologi LRT Jabodebek

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi inovasi teknologi proyek LRT Jabodebek
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto:Tagar/dephub.go.id)

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi inovasi teknologi proyek LRT Jabodebek. Yakni pembangunan jembatan bentang panjang dukuh atas sepanjang 128 meter oleh PT Adhi Karya yang berhasil meraih rekor MURI.

"Tentu ini satu prestasi yang harus kita apresiasi. Hasil karya anak bangsa yang makin mandiri dan mampu menguasai teknologi perkeretaapian yang maju dan modern. Inovasi seperti ini bisa menjadi contoh bagi proyek pembangunan yang lain," jelas Budi.

Jembatan tersebut di desain dengan bentang asimetris dengan panjang bentang utama yaitu 128 meter menggunakan box girder. Pelaksanaan jembatan dukuh atas ini menjadi penutup diantara 10 jembatan bentang panjang yang ada di pembangunan LRT Jabodebek tahap 1.

Tentu ini satu prestasi yang harus kita apresiasi. Hasil karya anak bangsa yang makin mandiri dan mampu menguasai teknologi perkeretaapian yang maju dan modern.

Kegiatan ini sekaligus menandai akan rampungnya pembangunan konstruksi LRT Jabodebek Tahap I sepanjang 44 kilometer yang terbagi dalam tiga lintas pelayanan, yaitu lintas layanan 1 (Cawang – Cibubur), lintas layanan 2 (Cawang – Dukuh Atas) dan lintas layanan 3 (Cawang – Bekasi Timur).

Menhub mengatakan, Jabodebek adalah kota aglomerasi yang membutuhkan konektivitas antarmoda yang baik karena menghubungkan beberapa titik penting. Pembangunan moda transportasi modern seperti LRT dan MRT yang mendukung konektivitas tersebut tentunya membutuhkan teknologi yang canggih.

"Alhamdulillah, kontraktor nasional juga mampu membangun suatu konstruksi yang relatif sulit dilakukan dan suatu kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di ASEAN," tandas Menhub Budi.

Pada kesempatan yang sama turut pula dilakukan penyerahan 3 rekor Muri pada penggunaan U-Shape Girder yang digunakan pada pembangunan LRT Jabodebek. Pertama produksi U-shape Girder pertama di Indonesia untuk sistem jalur kereta. Kedua pembangunan jalur kereta dengan struktur U-shape Girder terpanjang. Terakhir seri pengiriman terberat U-shape girder untuk sistem jalur kereta tanpa kecelakaan.

Budi menambahkan bahwa semua ini tentunya hasil dari proses pembelajaran, komitmen dan konsistensi bersama, antara pemerintah pusat dan BUMN untuk membangun satu sistem transportasi terintegrasi.

"Saya optimis dengan kolaborasi pemerintah, BUMN dalam membangun infrastruktur transportasi maka proses pembangunan akan lebih mudah dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik," tambahnya. []

Baca juga:


Berita terkait
Menhub Minta Semua Moda Transportasi Tertib Protokol Kesehatan
Menhub Budi Karya meminta agar seluruh moda transportasi menjalankan protokol kesehatan ketat.
Rugikan Negara Rp 43 T, Kemenhub Normalisasi Kendaraan Odol
Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyabudi normalisasi kendaraan Odol yang rugikan negara Rp 43 triliun pertahun
Kemenhub Dorong Pemulihan Ekonomi Sektor Transportasi
Kemenhub berupaya mendorong pemulihan ekonomi terdampak covid, khususnya pemulihan di sektor transportasi.