UNTUK INDONESIA
Menhub Ajak Pemudik Tak Melulu Lewat Tol
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pemudik di Jawa tak selalu memakai jalur tol.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers usai meninjau di jalur Nagreg, Jawa Barat, Rabu 29 Mei 2019.

Bandung - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pemudik di Jawa tak selalu memakai jalur tol. Pemudik bisa menggunakan jalur mudik selatan yang menurutnya sangat eksotik.

Menurut Budi saat meninjau jalur Nagreg, Jawa Barat, Rabu siang kemarin, jalur selatan sudah sangat siap dan layak digunakan para pemudik.

"Ada perimbangan, pemudik lewat tol dan jalur selatan. Saya rasa euforia akan melalui jalan tol. Tapi selatan jadi favorit dan alternatif," kat Budi.

Baca juga: 31 Mei 2019 Puncak Arus Mudik Lebaran

Meski pembangunan insfrastruktur di Jawa berkembang pesat, di antaranya pembangunan jalan tol yang sangat panjang, namun Budi mengajak masyarakat tak harus terus-menerus mudik menggunakan jalan tol.

Hal ini dilakukan agar volume kendaraan dapat terbagi sehingga penumpukan kendaraan diminimalisir, dan mengurangi kemacetan di satu titik ruas jalan

"Jangan pakai jalan tol saja, makannya kami lihat ini supaya pastikan jalur selatan berjalan baik," tukasnya.

Baca juga: One Way Arus Mudik Lebaran 2019

Untuk angkutan berat, akan diberlakukan pelarangan beroperasi sejak 30 Mei mendatang. Hal ini dilakukan agar memperlancar arus lalu lintas saat arus mudik, terkecuali kendaraan berat bermuatan sembako.

"Mulai 30 hingga 2 Juni pelarangan mulai berlaku, terkecuali truk sembako," katanya.

Berita terkait
0
6 Aplikasi Pemantau Gempa Bumi
Wilayah Indonesia kerap kali dilanda gempa dalam beberapa daerah. Berikut 6 aplikasi yang dirancang untuk memantau gempa bumi.