Menhan Prabowo Minta TNI Ambil Alat Corona di China

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kerahkan pesawat TNI jemput alat-alat kesehatan ke China.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kedua kanan) dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono (kiri) berjalan saat tiba di Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepualauan Riau, Rabu, 5 Februari 2020. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengerahkan pesawat milik TNI untuk menjemput alat-alat kesehatan yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan wabah virus corona jenis baru (Covid-19), di Shanghai, China.

Hal ini mengingat Covid-19 semakin kian merajalela di Indonesia. Permintaan itu diungkapkan melalui Surat Menhan Prabowo Subianto dengan Nomor: B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020 yang ditujukan kepada Panglima TNI Hadi Tjahjanto perihal pengambilan alat kesehatan.

Satu atau dua hari ini pesawat berangkat untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai.

Baca juga: Novel Bamukmin: Jokowi Gagal Cegah Penyebaran Corona

"Ini untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat dibandingkan dengan penggunaan fasilitas lainnya," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Langkah tersebut dilakukan berdasarkan rapat terbatas pimpinan pihak terkait bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 Maret lalu, dan koordinasi Wakil Menteri Pertahanan dengan Kantor Staf Presiden (KSP) pada 17 Maret 2020.

Pengadaan alat-alat itu diyakini dapat membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam penanganan virus corona seperti yang diperintahkan RI-1.

Saat ini, kata dia, proses pemjemputan alat yang berkaitan dengan corona masih dalam persiapan yang akan dilakukan TNI.

Baca juga: Virus Corona Ancam Negara, Menhan Prabowo ke Mana?

"Satu atau dua hari ini pesawat berangkat untuk mengambil alat kesehatan di Shanghai," kata Dahnil.

Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, China, berupa Disposable Masks, n95 Masks, Protective Clothing, googles, gloves, shoe covers, infrared thermometer dan surgical caps.

"Alat kesehatan ini nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kementerian Pertahanan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas COVID-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," ujar Dahnil Anzar. []

Berita terkait
Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Virus Corona
Wali Kota Bogor Bima Arya dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19). Hasil itu diterimanya pada 19 Maret 2020 sore.
Hasil Tes Covid-19 Jokowi dan Iriana Negatif Corona
Hasil tes Covid-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana negatif virus corona. Hal itu dia ungkapkan di Instagram @jokowi.
Jokowi Minta Tokoh Agama Dilibatkan Cegah Corona
Presiden Jokowi meminta lembaga-lembaga dan tokoh agama dilibatkan dalam pencegahan penyebaran virus corona.
0
Politikus PDIP Usulkan Duet Puan-Anies di Pilpres 2024
Politikus PDIP Effendi Simbolon memberikan usulan agar Puan Maharani berduet dengan Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 bukan dengan Prabowo.