Samosir - Tak ada yang bisa menampik keindahan Pulau Samosir Sumatera Utara (Sumut). Pulau yang berada di tengah Danau Toba tersebut menyimpan 1001 alasan untuk dikunjungi.

Keindahan alamnya tak terbantahkan, budaya dan adat istiadat sangat istimewa. Apalagi, Samosir selalu menghadirkan atraksi terbaik yang memanjakan wisatawan lewat rangkaian acara Horas Samosir Fiesta (HSF).

"Samosir menjadi salah satu destinasi terbaik menikmati keindahan Danau Toba. Bukan saja keindahan alamnya, tetapi juga keistimewaan budayanya. Ada banyak destinasi yang bisa dijadikan referensi untuk disambangi di Samosir yang siap membuat kagum wisatawan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa 11 Juni 2019.

Nah, buat yang penasaran, berikut beberapa destinasi yang dapat dikunjungi di Pulau Samosir.

Pertama ada Bukit Beta. Bukit Beta terletak di Kecamatan Tuk-tuk Siadong, Pulau Samosir. Lokasinya persis di sisi kiri setelah gerbang masuk ke kecamatan ini. Meski hanya sebuah bukit kecil, namun Bukit Beta menawarkan view yang begitu indah.

Daya tarik bukit kecil ini sudah dibuktikan dengan banyaknya orang yang menjadikannya sebagai lokasi untuk mengambil foto. Baik sekadar selfi, atau jenis pengambilan gambar yang lebih serius seperti pre-wedding atau art. Belakangan, bahkan sudah cukup sering digunakan untuk lokasi syuting.

Dari atas bukit, Anda bisa melihat cukup luas ke arah tepi Danau Toba sekitar Tuk-tuk. Di sisi yang lain, terhampar pemandangan lahan persawahan warga yang sangat eksotis untuk diabadikan. Dari atas bukit ini juga, jika Anda beruntung, Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup jelas akan Air Terjun Cinta yang terlempar dari Gunung Toba.

Puas menikmati Bukit Beta, saatnya bergeser ke Kawasan Tomok. Tomok ini salah satu tempat menarik di Kabupaten Samosir. Yang ingin menari Tortor bersama boneka Sigale-gale, di sinilah tempatnya. Selain Sigale-gale, wisatawan juga bisa mengunjungi museum Batak yang tidak jauh dari Sopo Sigale-gale.

Nah, buat yang mau hunting suvenir di sinilah tempatnya. Di kawasan ini berjejer puluhan penjual suvenir khas Samosir untuk dibawa pulang.

"Modal Samosir sudah kuat dengan akar budayanya yang mendunia. Aksesibilitasnya juga sangat bagus. Saya yakin jika tambahan feri penyeberangan sudah selesai pasti perkembangan pariwisata Samosir makin cepat. Karena atraksi serta amenitasnya sudah mumpuni," ungkap Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Buat yang ingin terus berpetualang silakan menyambangi Huta Siallagan. Sebuah desa kuno yang memancarkan budaya unik dari kelompok etnis Batak. Bagai dibawa ke masa silam, wisatawan disuguhi pemukiman dengan tembok batu setinggi 1,5 sampai 2 meter. Rumah-rumah tradisional hingga kini masih berdiri dan terawat dengan baik di sini.

Selain itu di Samosir juga ada berbagai pantai cantik yang harus dikunjungi. Ada Pantai Pasir Putih dan Pantai Batu Hoda yang menawan. Dengan segala potensinya tersebut tak pelak banyak wisatawan yang betah berlama-lama di Samosir.

Bagi Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata deputinya Rizki Handayani Samosir merupakan paket lengkap eksotisme Danau Toba. Bagaikan Bali, kekuatan alam dan budayanya sangatlah kuat. Bahkan Samosir sangat disukai wisatawan asal Eropa.

"Experience yang ditawarkan Samosir ini luar biasa. Apalagi dengan kekuatan budayanya. Di sini wisatawan tanpa bosan bisa tinggal sekitar satu minggu. Mereka bisa kunjungi spot lain yang tak kalah menariknya di Samosir. Silakan kunjungi dan buktikan sendiri eksotisme Samosir," pungkas Rizki.[]

Artikel lainnya: