Mengenal Konsep 4 Sehat 5 Sempurna dan Gizi Seimbang

Ada 4 perbedaan antara konsep lama Empat Sehat Lima Sempurna dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang.
Ilustrasi makanan bergizi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Konsep 4 Sehat 5 Sempurna yang sudah dikenal sejak dulu, kini sudah dikembangkan dan disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Sebelumnya, konsep "Empat Sehat Lima Sempurna" dikenalkan sekitar tahun 1956 oleh , Prof. Poerwo Soedarmo yang dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Berikut adalah empat perbedaan antara konsep lama "Empat Sehat Lima Sempurna" dengan konsep "Pedoman Gizi Seimbang":


1. Perbedaan pesan

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, konsep 4 Sehat 5 Sempurna menekankan pada konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan mengkonsumsi susu sebagai pangan yang menyempurnakan.

Sementara itu, konsep "Gizi Seimbang" dimaknai sebagai susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain itu, Pedoman Gizi Seimbang (PGS) juga memperhatikan 4 prinsip, yaitu: membiasakan makan makanan yang beraneka ragam, menjaga pola hidup bersih, menjaga pola hidup aktif dan olahraga, dan pantau berat badan.


2. Susu bukan penyempurna 

Pada konsep 4 Sehat 5 Sempurna, susu menjadi konsumsi penyempurna. Sedangkan, di konsep PGS, susu bukan konsumsi penyempurna dan dapat digantikan dengan jenis makanan lainnya yang memiliki nilai gizi sama.


3. Penjelasan mengenai porsi

Pada konsep sebelumnya tidak menyertakan informasi jumlah porsi yang harus dikonsumsi dalam sehari.

Sedangkan, pada konsep PGS menjelaskan tentang kuantitas yang harus dimakan setiap hari.

Seperti, setiap tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2-3 porsi, protein hewani 2-3 porsi, makanan pokok 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi, dan minum air mineral minimal 8 gelas setiap hari.


4. Pentingnya minum air mineral

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna tidak menjelaskan bahwa tubuh perlu minum air mineral secara cukup, aman, dan bersih.

Sementara itu, konsep PGS menjelaskan pentingnya mencukupi kebutuhan minum air mineral minimal 2 liter atau lebih kurang 8 gelas per hari.

Itulah perbedaan konsep "4 Sehat 5 Sempurna" dengan "Gizi Seimbang".

Gizi Seimbang adalah hasil dari perkembangan dan penyempurnaan dari konsep 4 Sehat 5 Sempurna.

Oleh karena itu, saat ini sangat penting untuk memastikan asupan makanan sehari-hari agar sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). []

Berita terkait
Kenali 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan
Buah matoa memiliki banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C dan vitamin E yang merupakan sumber antioksidan.
Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tak Hilang
Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Berikut cara memasak sayuran agar gizinya tak hilang.
Roti Goreng Ayam, Menu Sarapan Lezat dan Bergizi
Roti goreng ayam adalah salah satu menu sarapan atau camilan yang enak dan bergizi.
0
Mengenal Konsep 4 Sehat 5 Sempurna dan Gizi Seimbang
Ada 4 perbedaan antara konsep lama Empat Sehat Lima Sempurna dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang.