UNTUK INDONESIA
Mengenal Gli, Kucing Hagia Sophia Dicintai Traveler
Kucing berbulu abu-abu yang tersohor di kalangan traveler Masjid Hagia Sophia bernama Gli baru saja meninggal dunia.
Kucing berbulu abu-abu yang tersohor di kalangan traveler Masjid Hagia Sophia bernama Gli. (Foto: Instagram/ooometebeyler)

Jakarta - Masjid Hagia Sophia tak hanya dikenal karena sejarahnya tetapi juga 'tempat tinggal' bagi seekor kucing bernama Gli. Kucing berbulu abu-abu yang tersohor di kalangan traveler itu dikabarkan wafat di usia 16 tahun.

Gli tak lagi bernyawa pada Sabtu, 6 November 2020. Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya menyampaikan Gli sempat dirawat di klinik perawatan hewan di Levent.

"Saya berduka kehilangan Gli. Kucing Hagia Sophia, Gli, yang dirawat di klinik hewan swasta di Levent [Istanbul] sejak 24 September, dengan menyesal telah wafat karena usia tuanya. Kami tidak akan melupakanmu, Gli," tulis Yerlikaya di akun Twitternya, dikutip dari laman Daily Sabah.



"Kami tidak akan melupakanmu, Gli," sambung Yerlikaya yang juga mengunggah foto kucing tersebut.

Lahir di Istanbul, nama Gli berarti "Persatuan Cinta". Gli telah ada di Hagia Sophia, sebelum Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menandatangani dekrit yang mengubah Hagia Sophia dari katedral menjadi masjid.

Gli tidak sendiri, ia ditemani dua saudaranya yaitu Kizim dan Pati. Sedangkan ibu mereka bernama Sofi. Memiliki tahun lahir sama dengan Gli pada 2004, Pati lebih dahulu wafat mendahalui dua saudaranya.




Kucing berjenis European shorthair tersebut memang menggemaskan. Ia berjalan dan bertindak tanduk sedikit berbeda dengan kucing lainnya. Selain mengabadikan momen, traveler yang datang ke Hagia Sophia banyak ingin berfoto bersama Gli.

Ketika Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama datang ke Turki pada 2009 lalu, nama kucing itu makin dikenal banyak orang. Gli sempat dibelai Obama saat kunjungan bilateral tersebut.



Tak hanya terkenal di lingkungan tempat tinggalnya, Gli juga lumayan dilirik warganet. Akun Instagram kucing itu memiliki jumlah followers lebih dari 113 ribu.

Sebagai kucing betina, Gli ternyata pernah sekali melahirkan. Anaknya itu diberi nama Karakiz. Namun, nyawa Karakiz tak panjang, ia mengalami kecelakaan.

Berita terkait
Ekstrem Hingga Bersejarah, 3 Anak Tangga Ini Wisata Dunia
Tangga dahulu dianggap teknologi mutakhir, kini desainnya yang kuno dan strukturnya yang ekstrem menjadi wisata dunia
Mengenang Sean Connery di Tempat Syuting Film James Bond
Mengenang langkah Sean Connery, Tagar ajak kembali ke lokasi syuting James Bond sekaligus lokasi wisata dunia.
Jangan Kaget, Taman Terluas di Indonesia Ada di Bekasi
Taman terluas di Indonesia terdapat di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
0
Mengenal Gli, Kucing Hagia Sophia Dicintai Traveler
Kucing berbulu abu-abu yang tersohor di kalangan traveler Masjid Hagia Sophia bernama Gli baru saja meninggal dunia.