Jakarta - Pertandingan penuh kegemilangan bagi Turki. Melawan tim unggulan Prancis di kualifikasi EURO 2020, Turki meraih kemenangan. Turki menang 2-0 dalam duel di Grup H di Stadion Konya Buyuksehir, Konya, Minggu 9 Juni 2019 dini hari WIB. 

Kemenangan itu menjadikan Turki menggeser Prancis yang sebelumnya menduduki puncak klasemen. Turki yang memiliki poin sembilan langsung naik ke peringkat pertama. Sedangkan Les Bleus turun ke posisi kedua. Sama dengan Islandia yang menang 1-0 atas Albania. Namun Prancis unggul selisih gol. 

Sukses mengalahkan Prancis membuat Turki bersuka. Pasalnya mereka sukses menaklukkan tim juara di Piala Dunia 2018. Tidak kurang Presiden Recep Tayyip Erdogan yang langsung memberikan ucapan selamat kepada timnas Turki. 

Presiden menghubungi langsung menelepon saya. Presiden mengucapkan selamat kepada pemain dan pelatih Senol

Menurut Presiden Federasi Sepak Bola Turki (TFF) Nihat Ozdemir mengungkapkan bila Presiden Erdogen memberikan ucapan selamat kepada pemain dan pelatih Senol Gunes atas kemenangan tersebut. 

"Presiden menghubungi langsung menelepon saya. Presiden mengucapkan selamat kepada pemain dan pelatih Senol," kata Ozdemir seperti dilansir Four Four Two. 

Memotivasi Pemain

Menurut dia kemenangan atas Prancis memotivasi pemain untuk membidik laga berikutnya melawan tuan rumah Islandia. Rabu 12 Juni 2019 dini hari WIB. Dia berharap Turki yang pernah menduduki peringkat tiga di Piala Dunia 2002 ini kembali meraih tiga poion untuk mengukuhkan posisi di puncak klasemen. 

"Kami meraih sembilan poin dan menjadi pimpinan klasemen. Kami menghadapi laga penting berikutnya melawan Islandia. Saya berharap bisa kembali meraih kemenangan," ujar Ozdemir yang baru menjabat sebagai pimpinan federasi pada Senin pekan lalu.

Di laga itu, Turki sesungguhnya kalah dalam penguasaan bola. Namun mereka bermain lebih efektif dan berhasil memanfaatkan peluang yang ada. 

Kemenangan tuan rumah dibuka oleh Kaan Ayhan yang membobol gawang Prancis yang dikawal Hugo Lloris di menit 30. Sedangkan Cengiz Under mencetak gol kedua bagi Turki, 10 menit kemudian. 

"Tim bermain luar biasa. Ini pertandingan yang mengesankan," kata Gunes. "Tim ini memberi harapan sekaligus kebahagiaan. Pemain dan suporter sungguh luar biasa. Kami bermain dengan disiplin dan satu hati," jawab Gunes yang sebelumnya juga pernah mengarsiteki Turki pada 2000 sampai 2004. []

Berita terkait kualifikasi EURO 2020: