UNTUK INDONESIA
Menanamkan Nilai Sisingamangaraja XII ke Kaum Muda
Generasi milenial diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi pahlawan nasional dari Tanah Batak, Sisingamangaraja XII.
Penyerahan pataka Forum Sisingamangaraja XII oleh Raja Tonggo Tua Sinambela (kiri) kepada Raja Julio Sinambela (kanan). (Foto: Tagar/Tonggo Simangunsong)

Medan - Generasi milenial diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi pahlawan nasional dari Tanah Batak, Sisingamangaraja XII.

Demikian pesan yang mengemuka saat Deklarasi dan Penyerahan Pataka Forum Sisingamangaraja XII di Caldera Coffee, Medan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Senin, 4 November 2019.

Ketua Panitia John Robert Simanjuntak, pada kesempatan itu mengatakan, forum ini selalu berupaya menggerakkan nilai-nilai Batak yang ditanamkan Sisingamangaraja melalui berbagai kegiatan, termasuk salah satunya mendorong Danau Toba dapat menjadi bagian dari Unesco Global Geopark.

"Forum ini tidak semata-mata hanya untuk mencari nama, tapi memang tujuan kita dari awal membentuk forum ini agar nilai-nilai dan kekayaan budaya dan alam di Tanah Batak bisa tergali dan dibangkitkan untuk generasi muda Batak masa mendatang," kata John Robert.

Acara itu sendiri dihadiri generasi Sisingamangaraja XII, di antaranya Raja Tonggo Sinambela, Raja Julius Sinambela, Sesepuh Parbaringin Sisingamangaraja TG Bakkara (Oppu Satti Rea), Raja Oloan Sinambela, serta pengurus lainnya, Robinson Siagian, Mangaliat Simarmata (Jendela Toba) dan sejumlah penggiat budaya Batak lainnya.

Poin yang tidak kalah penting dari deklarasi ini, kata John Robert, ialah untuk memperkuat kelembagaan sekaligus meneguhkan visi dan misinya, Forum Sisingamangaraja XII melakukan konsolidasi internal sekaligus deklarasi kepungurusan.

Deklarasi ditandai dengan penyerahan pataka Forum Sisingamangaraja XII oleh Raja Tonggo Tua Sinambela kepada Raja Julio Sinambela sebagai ketua umum.

Beliau menegakkan hukum dan menghormati kedaulatan HAM

John Robert menjelaskan, Forum Sisingamangaraja XII sudah banyak menggelar berbagai kegiatan, termasuk peringatan 100 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII pada tahun 2007.

"Dengan deklarasi ini diharapkan Forum Sisingamangaraja XII akan lebih solid dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Semangatnya tetap untuk membangun Kawasan Danau Toba (KDT) menjadi lebih baik dengan mengedepankan nilai-nilai luhur budaya Batak sebagaimana diwariskan Raja Sisingamangaraja XII," kata dia.

Perjuangkan Kaldera Toba

Dijelaskan John Robert, dalam perjalanannya, semangat yang dibangun Forum Sisingamangaraja XII, sejauh ini juga telah menginisiasi lahirnya sejumlah komunitas yang terus konsisten menyuarakan pengembangan KDT.

Dicontohkannya, lembaga itu antara lain, Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI).

"Jendela Toba sendiri adalah komunitas yang memperjuangkan Geopark Kaldera Toba sejak awal hingga telah diterima di Unesco dan akan disahkan ada April 2020 mendatang. Sedangkan RKI merupakan lembaga yang didominasi anak-anak muda yang terus menerus menggelar berbagai kegiatan seni dan budaya di KDT," katanya.

Dalam sambutannya, Raja Julio Sinambela menjelaskan, nilai-nilai yang diwariskan Sisingamangaraja XII masih sangat kontekstual di zaman sekarang ini. Salah satunya semangat menentang penindasan yang hingga kini tetap relevan di masa sekarang.

"Beliau menegakkan hukum dan menghormati kedaulatan HAM. Ia juga simbol multikulturalisme dan mengusung perdamaian," kata Julio.

Sementara itu, Raja Tonggo Tua Sinambela yang tak lain adalah cicit Sisingamangaraja XII menegaskan, banyak tugas dan tanggung jawab Forum Sisingamangaraja XII dalam membangun KDT, khususnya dari sisi masyarakatnya. Harapannya, forum ini bisa menjaga spirit dan nilai-nilai yang diwariskan Sisingamangaraja XII.

"Saya berharap, adik saya bisa mengemban tugas itu dan mengkoordinasikan lembaga ini dengan baik. Tujuannya untuk kebaikan kita bersama, khususnya bagi masyarakat yang ada di KDT," kata Raja Tonggo.[]

Berita terkait
Togu Simorangkir Pamerkan Ulos Putri Sisingamangaraja
Togu Simorangkir memamerkan ulos milik opungnya, Purnama Rea Sinambela, yang merupakan putri dari Raja Sisingamangaraja XII.
Bakkara, Kampung Sisingamangaraja Etalase Geopark Toba
Lembah Bakkara di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara, berada di sebelah barat Danau Toba.
Bukan Batak, Inilah Kerajaan Sisingamangaraja XII
Sebab, kerajaan Sisingamangaraja bukanlah Batak, melainkan Toba.
0
Ditjen Perumahan Salurkan Bansos PUPR Peduli Covid-19
Keluarga besar Direktorat Jenderal Perumahan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan PUPR Peduli Covid-19.