UNTUK INDONESIA
Membuat Kabin Mobil Tetap Harum
Banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil sambil mengemudi terlebih bagi seseorang yang mobilitasnya tinggi.
Ilustrasi. (Foto: fastnlow.net)

Jakarta - Mobil ibarat rumah kedua bagi para pemiliknya. Banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil sambil mengemudi terlebih bagi seseorang yang mobilitasnya tinggi.

Tanpa disadari, jika tidak rajin membersihkannya kabin mobil bisa menguarkan aroma tidak sedap dan membuat tidak nyaman penumpangnya. Supaya kabin tetap wangi. Berikut cara gampang agar kabin mobil tidak bau yang dikutip dari WikiHow.

1. Jangan Tinggalkan Makanan dan Minuman

Makan dan minum di dalam mobil merupakan hal yang lumrah. Terutama jika kegiatan Anda mengantarkan anak sekolah pada pagi hari, dan harus sarapan di mobil agar tidak terlambat sekolah.

Meninggalkan makanan di mobil bisa menjadi awal bau tidak sedap muncul di dalam mobil, karena makanan yang membusuk serta mengundang binatang masuk ke dalam ruang kabin. Begitu juga dengan minuman, jika terlalu lama di dalam mobil bisa menimbulkan aroma tidak sedap.

2. Bersihkan Tumpahan Makanan dan Minuman Secepatnya

Makan dan minum di dalam mobil merupakan hal yang sudah biasa. Jika Anda tidak sengaja menumpahkan makanan maupun minuman, segeralah menepi dan bersihkan tumpahan tersebut. Sesampainya di rumah, bersihkan dengan pembersih khusus interior. Untuk jaga-jaga, Anda bisa membawa lap bersih selama perjalanan.

3. Nyalakan Sistem Pendingin Udara Secara Berkala

Jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, sistem pendingin udara dapat menjadi lembab dan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk menghindari ini, setidaknya gunakan mobil dalam seminggu sekali dan sistem pendingin udara dinyalakan setidaknya selama 10 menit.

4. Buanglah Tumpukan Sampah 

Memiliki tempat sampah di dalam mobil merupakan awal yang baik untuk menjaga kebersihan. Namun, jika sampah di dalam menumpuk akan mulai menimbulkan aroma tidak sedap. Oleh karena itu, setelah Anda sampai di rumah, selalu kosongkan mobil dari sampah yang menumpuk. 

5. Pilih Pengharum yang Cocok

Pilihlah pengharum ruangan mobil yang tepat. Pilihlah pengharum yang sesuai selera Anda, namun jangan sampai bau wangi yang ditimbulkan terlalu menyengat. Untuk pengharum yang disarankan adalah aroma terapi yang memberikan bau wangi alami seperti teh, kopi dan sebagainya.

Berita terkait
Merawat Ban Mobil Biar Awet
Keamanan dan kenyamanan berkendara dengan mengendarai mobil tergantung kondisi ban selain komponen pendukung lainnya.
Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Kondisi sebaliknya apabila AC mobil rusak atau bermasalah maka kabin akan terasa panas di tengah kondisi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta.
Cara Merawat Radiator Agar Mobil Tetap Prima
Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Radiator berfungsi sistem pendinginan kendaraan.
0
Mahfud MD Jadi Menko Polhukam, Meleset dari Survei
Mahfud MD menjadi Menko Polhukam di Kabinet Jokowi. Sebelumnya, survei menunjuk ia figur tepat menjadi jaksa agung.