UNTUK INDONESIA
Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Kondisi sebaliknya apabila AC mobil rusak atau bermasalah maka kabin akan terasa panas di tengah kondisi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta.
Ilustrasi AC mobil. (Foto: Pixabay/kaboompics)

Jakarta - Perjalanan menggunakan mobil tentu akan nyaman dan menyenangkan apabila sistem penyejuk udara atau air conditioner (AC) dalam kondisi baik.

Kondisi sebaliknya apabila AC mobil rusak atau bermasalah maka kabin akan terasa panas di tengah kondisi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta.

Maka dari itu, agar tidak terjadi masalah pada AC mobil Anda sebaiknya perlu menjaga instrumen yang satu ini dengan melakukan perawatan. Seandainya terjadi kebocoran pada pipa-pipa AC secepatnya diperbaiki dan ganti yang baru.

1. Perhatikan Kebocoran Pada Selang atau Pipa AC

Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia pemakaian. Kebocoran pada selang atau pipa AC dapat membuat freon akan selalu berkurang melalui lubang-lubang kebocoran tersebut

2. Cek Kondisi Evaporator dan Kondensor

Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia pemakaian atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil.

3. Cek Kondisi Kompresor

Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC. Pastikan juga putaran pada kompresor berputar dengan kencang.

ACIlustrasi AC mobil. (Foto: Pixabay/MikesPhotos)

Freon tidak akan habis apabila tidak terjadi kebocoran pada pipa AC. Jadi sebaiknya jangan langsung mengambil keputusan untuk menambah freon AC kalau AC mobil Anda tidak dingin.

Pastikan terlebih dulu apakah ada kebocoran atau kerusakan pada sistem AC tersebut atau tidak. Jangan sampai kamu harus mengisi freon berkali-kali karena AC tidak dingin juga.

Untuk AC mobil yang dingin juga tergantung pada perilaku kita dalam berkendara. Enam tips ini bisa membuat AC mobil Anda dingin.

1. Jaga Kebersihan Pada Kabin Mobil

Pastikan kabin mobil kamu selalu bersih dari kotoran dan debu, kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menempel pada kabin dan jok mobil.

2. Hindari Membuka Lebar Kaca Saat AC Menyala

Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.

3. Hindari Merokok dalam Kondisi AC Mobil Menyala

Jika ingin merokok di dalam mobil sebaiknya matikan AC dan bukalah kaca agar asap rokok tersebut keluar dan tidak menempel di kabin mobil.

4. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondesor AC, bersihkan juga kondensor saat kamu mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.

5. Bersihkan Filter Kabin

Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan filter kabin. Lakukan perawatan dengan cara saat melakukan servis di tukang servis AC mobil. Jika memang sudah dianjurkan untuk ganti, sebaiknya lakukanlah pergantian filter kabin secara berkala.

6. Selalu Servis Berkala pada AC Mobil

Dengan melakukan servis berkala pada AC akan membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan perawatan dan teratur dalam pergantian suku cadang pada sistem pendingin AC mobil kamu. []

Berita terkait
Cara Merawat Radiator Agar Mobil Tetap Prima
Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Radiator berfungsi sistem pendinginan kendaraan.
Lima Kaca Film Terbaik Rekomendasi Pecinta Otomotif
Kaca film efektif untuk menepis gelombang Ultra Violet dan gelombang Infra Red.
Ini Alasannya Oli Mesin Motor Harus Rutin Diganti
Penggantian oli mesin khususnya motor tentu seringkali menjadi anjuran tiap kali pemilik kendaraan melakukan servis berkala.
0
Mantan Pemain Liga Spanyol Daftar Calon Bupati Samosir
Bule ini datang untuk mendaftar sebagai bakal calon Bupati Samosir pada Pilkada 2020 mendatang.