Memahami Beberapa Risiko Investasi Obligasi

Untuk risiko obligasi dari segi maturitas, tingkat risikonya akan semakin tinggi apabila masa jatuh tempo semakin panjang.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Hingga saat ini tak satupun produk investasi yang hanya memiliki kelebihan tanpa memiliki kekurangan.

Di Indonesia, produk dari asuransi investasi ini telah banyak beredar. Tentunya manfaat yang didapatkan buat beragam. Jika tertarik untuk memiliki asuransi investasi ini.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah cari tahu lebih lanjut. Baik kelebihan maupun kekurangannya karena itu merupakan hal yang penting agar terhindar dari kesalahan saat berinvestasi.

Obligasi juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan, antara lain.


Maturitas

Untuk risiko obligasi dari segi maturitas, tingkat risikonya akan semakin tinggi apabila masa jatuh tempo semakin panjang. Penyebabnya adalah pihak penerbit obligasi akan menambahkan kupon bunga yang cukup tinggi pada jenis obligasi dengan durasi jatuh tempo lama.


Rugi Jual Sebelum Jatuh Tempo

Menjual obligasi sebelum jatuh tempo di Pasar Sekunder akan menimbulkan kerugian bagi investor karena harga jualnya lebih rendah dari harga belinya.


Likuiditas

Di pasar sekunder, terdapat risiko berupa sulitnya obligasi terjual. Jika permintaan obligasi di pasar cukup tinggi, obligasi menjadi likuid. Kupon bunga, masa jatuh tempo obligasi, serta karakteristik penerbit menjadi faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko ini.


Fluktuasi Peringkat

Pada risiko obligasi ini, investasi sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan pasar serta posisi peringkat di pasar saham. Akibatnya, hal ini akan menurunkan permintaan atau nilai obligasi maupun sebaliknya secara fluktuatif.


Gagal Bayar

Penerbit obligasi memiliki risiko gagal bayar dan konsekuensinya adalah investor tak hanya tidak memperoleh untung, tetapi tak mendapatkan kembali seluruh pokok utang. Namun, tak perlu khawatir karena kekurangan ini tak berlaku pada obligasi negara yang terlindungi oleh undang-undang.


Rugi Jual Sebelum Jatuh Tempo

Menjual obligasi sebelum jatuh tempo di Pasar Sekunder akan menimbulkan kerugian bagi investor karena harga jualnya lebih rendah dari harga belinya.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Masih Sering Stres Karena Uang? Kenali Dahulu Level Keuanganmu!
Menurut Prita Hapsari Ghozie, seorang perencana keuangan, level finansial itu dibagi menjadi 5 tingkatan.
Guys, Ini 4 Manfaat dan Pentingnya Literasi Keuangan
Tabungan dan investasi adalah persiapan untuk masa depan. Apa yang kamu simpan hari ini, bisa membantumu di masa depan.
6 Alasan Mengapa Literasi Sangat Keuangan Penting
Untuk mencapainya bukanlah hal yang sulit, tetapi membutuhkan tekad dan kemampuan belajar yang kuat agar kamu berhasil memahaminy
0
Memahami Beberapa Risiko Investasi Obligasi
Untuk risiko obligasi dari segi maturitas, tingkat risikonya akan semakin tinggi apabila masa jatuh tempo semakin panjang.