UNTUK INDONESIA
Melejit Kasus Corona di Gunungkidul Yogyakarta
Dalam sehari Gunungkidul bertambah lima pasien corona. Dari jumlah itu, tiga di antaranya keluarga tenaga kesehatan yang sudah terpapar Covid-19.
Ilustrasi Gunungkidul. (Foto: Dok. Tagar)

Gunungkidul - Kasus pasien positif Covis-19 di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melejit. Pada Senin, 13 Juli 2020 ada penambahan lima kasus baru. Dari lima kasus tersebut, tiga di antaranya adalah keluarga tenaga kesehatan dari Kapanewon Playen.

Berdasarkan data di Posko Terpadu Covid-19 DIY, total kasus corona di kabupaten berjuluk Bumi Handayani sampai saat ini tercatat 73 kasus. Rinciannnya pasien yang sembuh 51 orang, meninggal dunia satu orang dan masih menjalani perawatan atau pasien aktif sebanyak 21 orang.

Juru bicara Penanganan Covid-19 Pemkab Gunungkidul Dewi Irawaty menjelaskan, dari hasil tracing hari ini ada lima kasus baru. Dari lima kasus tersebut, tiga di antaranya keluarga dari kasus tenaga kesehatan yang dinyatakan positif pada 3 Juli lalu.

Kami berusaha maksimal dengan tracing masif langsung swab tidak lagi rapid test.

Tambahan lima kasus tiga di antaranya warga Kapanewon Playen yang merupakan satu keluarga tenaga kesehatan yang dinyatakan positif. Dari keluarga tenaga kesehatan ini, totalnya ada enam pasien positif. Sedangkan dua tambahan kasus lagi asal masing-masing Kapanewon Nglipar dan Wonosari," katanya pada Senin, 13 Juli 2020 malam.

Dewi mengatakan, saat ini upaya tracing terus dilakukan, termasuk sejumlah warga Kapanewon Playen yang dilakukan tracing oleh puskesmas setempat. "Kami berusaha maksimal dengan tracing masif langsung swab tidak lagi rapid test," katanya.

Secara umum total kasus corona di Provinsi DIY sampai 13 Juli 2020 pukul 16.00 WIB sebanyak 379 kasus. Rinciannya pasien yang sudah sembuh 295 orang atau 77,9 persen, dirawat di rumah sakit 74 orang (19,5 persen), dan meninggal dunia 10 orang (2,6 persen).

Sedangkan pasien 74 pasien yang masih dirawat terbanyak dari Kabupaten Bantul 32 pasien. Kemudian berturut-turut diikuti Kabupaten Gunungkidul (21 pasien), Kabupaten Sleman (11 pasien), Kabupaten Kulon Progo (enam pasien), Kota Yogyakarta (tiga pasien), dan satu pasien dari luar daerah yang dirawat di Yogyakarta.

Untuk total data pasien dalam pengawasan (PDP) 2.013 orang. Total data orang dalam pemantauan (ODP) 7.987 orang. Dari total 2.013 PDP menunjukkan 89 orang di antaranya rawat inap, 1.794 orang rawat jalan dan atau selesai pengawasan, dan 120 orang meninggal dunia. []

Berita terkait
Satu Pasien Positif Corona di Yogyakarta Meninggal
Satu positif corona meninggal. Empat pasien tertular dari pasien positif sebelumnya. Begitu update corona di Yogyakarta, Senin, 13 Juli 2020.
Tiga PDP Corona Meninggal Dunia di Yogyakarta
Tiga pasien berstatus PDP di Yogyakarta meninggal, Minggu, 12 Juli 2020. Pada saat yang sama dua pasien sembuh dan ada satu kasus baru.
Nenek Tulari Corona Menantu dan Cucu di Gunungkidul
Jumlah pasien corona di Gunungkidul, Yogyakarta, saat ini ada 15 orang. Berdasarkan tracing dinkes setempat, dari jumlah itu ada transmisi lokal.
0
Melejit Kasus Corona di Gunungkidul Yogyakarta
Dalam sehari Gunungkidul bertambah lima pasien corona. Dari jumlah itu, tiga di antaranya keluarga tenaga kesehatan yang sudah terpapar Covid-19.