UNTUK INDONESIA

Cari Belalang, Pria Hanyut di Sungai Kalongan Gunungkidul

Seorang pria asal Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta, meninggal hanyut saat mencari belalang. Jasad ditemukan tadi pagi di pinggir sungai Kalongan.
Jenazah Aziz yang hanyut di sungai kalongan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta ditemukan meninggal. (Foto: Istimewa)

Gunungkidul - Seorang pria ditemukan meninggal dunia setelah hanyut di Sungai Kalongan yang berada di Dusun Pacar II RT 002/006, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Kejadian ini terjadi pada Senin, 8 Februari 2021 malam.

Kasi Operasional SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto mengatakan korban yang hanyut di sungai ini diketahui bernama Abdul Aziz Fendiawan, 24 tahun, warga Dusun Pacar I RT 002/005, Kalurahan Girisuko, Panggang, Gunungkidul. "Korban Aziz hanyut di Sungai Kalongan saat mencari belalang,” katanya kepada wartawan, Selasa, 9 Februari 2021.

Baca Juga:

Kronologi kejadian ini bermula saat Abdul Aziz dan tetangganya, Eksan Nuri, 24 tahun, pada Senin 8 Februari 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Keduanya berangkat dari rumah menuju tepian Sungai Kalongan Girisuko dalam rangka mencari belalang. Dia menyeberangi sungai dari lokasi tempatnya memarkir motor.

Saat mencari belalang, tiba-tiba arus deras datang. Keduanya terjebak banjir dan memutuskan menunggu sampai aliran air surut. Namun, banjir tak kunjung surut. Berhubung hari sudah mulai gelap, keduanya memutuskan pulang dengan menyeberang ke sungai yang masih dalam kondisi arus masih lumayan deras.

Korban Aziz hanyut di Sungai Kalongan saat mencari belalang.

Saat menyeberangi suangi, keduanya terbawa arus. Eksan berhasil menepi dan sempat hendak menarik tangan Aziz. Namun karena derasnya arus sehingga tidak bisa digapai. 

Eksan masih bisa berenang ke tepi sungai dan ditolong oleh saksi, Aris Putu Nata, 24 tahun, warga setempat yang kebetulan ada di lokasi kejadian. “Eksan berhasil diselamatkan oleh saksi Aris, sementara Aziz hanyut di sungai," kata Bondan.

Baca Juga:

Saksi dan warga melaporkan insiden orang hanyut ini ke pihak berwajib. Polisi dan Tim SAR dan relawan lainnya melakukan operasi lapangan yang dibagi menjadi empat SRU yang terdiri dari dua SRU darat dan dua SRU air.

Korban ditemukan sehari kemudian, tepatnya pada Selasa, 9 Februari 2021 sekitar pukul 08.22 WIB. Saat ditemukan di pinggir sungai, Aziz sudah dalam keadaan meninggal dunia. "Korban ditemukan Selasa pagi dalam keadaan henti nadi di pinggir sungai,” kata Bondan. []

Berita terkait
Warga Parangtritis Hilang di Muara Sungai Opak Bantul
Dua penambang pasir asal Parangtritis terseret arus di Sungai Opak Bantul, Yogyakarta. Satu berhasil diselamatkan, satu masih dalam pencarian.
Pencarian Warga Parangtritis Hilang di Opak Bantul Nihil
Pencarian penambang pasir yang hilang di Sungai Opak Bantul masih nihil. Pencarian dilanjutkan hari ini dengan melibatkan 6-7 tim SRU.
Pencarian Warga Parangtritis Hilang Hari Kedua Masih Nihil
Pencarian terhadap penambang pasir, yang merupakan warga Parangtritis Bantul, Yogyakarta yang hilang pada hari kedua masih nihil.
0
Cari Belalang, Pria Hanyut di Sungai Kalongan Gunungkidul
Seorang pria asal Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta, meninggal hanyut saat mencari belalang. Jasad ditemukan tadi pagi di pinggir sungai Kalongan.