UNTUK INDONESIA
Megawati Mengenang BJ Habibie Berperan dalam Iptek
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menekankan Presiden ke-3 RI mendiang BJ Habibie merupakan tokoh perkembangan iptek di Indonesia.
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri mengungkapkan duka cita mendalam atas berpulangnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Megawati menekankan, Habibie merupakan seorang tokoh penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) di Indonesia.

Putra-putri Indonesia berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemajuan bangsa.

“Bangsa Indonesia kehilangan sosok pemimpin inspiratif yang tidak pernah mengenal lelah memberikan semangat dan inspirasi agar putra-putri Indonesia berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kunci kemajuan bangsa," kata Megawati Soekarnoputri, dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, Rabu malam, 11 September 2019.

Megawati menegaskan, bangsa Indonesia menurut dia telah kehilangan sosok pemimpin inspiratif, pencetak manusia Indonesia unggul dalam penguasaan teknologi.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan almarhum BJ Habibie adalah sosok yang menjadi sahabat Megawati.

“Ibu Megawati Soekarnoputri mengenang almarhum bukan hanya sebagai sahabat. Kedua pemimpin tersebut sangatlah akrab. Banyak momentum kebersamaan mereka, bahkan dalam berbagai forum nampak keakraban di antara mereka,” ujar Hasto.

Dalam salah satu pertemuan makan siang, kata Hasto, Megawati begitu terkesan dengan semangat BJ Habibie di dalam mewujudkan mimpi terhadap pentingnya penguasaan teknologi guna menjawab berbagai tantangan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan penduduk terbesar ke-4 di dunia.

Hasto melanjutkan, Ketua Umum PDIP menginstruksikan agar seluruh keluarga besar PDI Perjuangan memberikan penghormatan terbaik dan meneladani kehidupan BJ Habibie, serta mendorong agar ikut mewarisi semangatnya, menyadari pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai syarat penting kemajuan bangsa.

“Ibu Megawati juga mengharapkan agar Pemerintahan Presiden Jokowi dapat memberikan penghormatan terbaik kepada sosok yang menjadi ikon mimpi anak bangsa yang begitu gandrung pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan bangsanya. Semoga almarhum husnulkhatimah” tutur Hasto. []

Berita terkait
Habibie Meninggal, Bendera Setengah Tiang 12-14 September
Pemerintah menyatakan masa berkabung selama tiga hari atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia B.J. Habibie.
Jokowi Kenang BJ Habibie Sumber Solusi Persoalan Negara
Kenangan Presiden Jokowi kerap mendapatkan input terkait persoalan negara dari Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.
Doa Tjahjo Kumolo untuk BJ Habibie
Menteri Dalam Negeri Tjahjo menilai BJ Habibie adalah sosok teknokrat kelas dunia dan negarawan dan menjadi tokoh kebanggaan Indonesia.
0
Kejari Kulon Progo Musnahkan Pistol dan 10 Peluru
Kejari Kulon Progo memusnahkan barang bukti kasus pidana umum yang sudah berkekuatan hukum tetap. Pemusnahannya dengan cara berbeda.