UNTUK INDONESIA

Mayat Bayi Mengenaskan Ditemukan di Sungai Jagetan Jepara

Sesosok mayat bayi perempuan ditemukan warga yang tengah mencari rumput di sekitar Sungai Jagetan, Tahunan, Jepara.
Polisi dan petugas medis melakukan visum mayat bayi yang ditemukan di Sungai Jagetan, Tahunan, Jepara. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jepara - Warga Desa Semat, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, digegerkan dengan penemuan mayat bayi di Sungai Jagetan, Jumat, 15 Januari 2021. Bayi yang diperkirakan berusia seminggu ini ditemukan dalam kondisi mengenaskan.

Kepala Polres Jepara Ajun Komisaris Besar Polisi Aris Tri Yunarko membenarkan adanya penemuan bayi di Sungai Jagetan kemarin sore. Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan warga mengapung di sungai sekitar pukul 17.00 WIB.

"Iya benar. Kemarin sore ada penemuan mayat bayi perempuan di Sungai Jagetan, Desa Semat, Kecamatan Tahunan," ujarnya, Sabtu pagi, 16 Januari 2021.

Dari visum luar yang dilakukan dokter RSUD Kartini, bayi tersebut mengalami luka robek di leher dan kepala bagian belakang didapati luka

Hasil identifikasi, bayi tersebut memiliki panjang 31 sentimeter dengan berat sekitar 4,5 kilogram. Pihaknya memperkirakan bayi tersebut berusia sekitar satu minggu.

Lebih lanjut, Aris menyebut bayi tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang sedang mencari rumput di sawah Desa Semat. 

"Saat itu, warga melihat ada bayi yang mengapung di sungai dekat persawahan. Setelah didekati dan dicek, ternyata bayi tersebut sudah dalam keadaan meninggal dunia," jelasnya.

Baca juga: 

Warga tersebut, selanjutnya melaporkan temuan ke Pemerintah Desa Semat diteruskan ke Polsek Tahunan. Tak berselang lama, tim Inafis Polres Jepara bersama BPBD Jepara membawa mayat bayi ke RSUD Kartini.

"Dari visum luar yang dilakukan dokter RSUD Kartini, bayi tersebut mengalami luka robek di leher dan kepala bagian belakang didapati luka," sebut dia.

Aris menambahkan kasus ini kini dalam penanganan Satuan Reserse Kriminal Polres Jepara. Pelaku dan motif pembuangan bayi masih dalam penyelidikan pihaknya. []

Berita terkait
Mau Kencing, Warga Grobogan Temukan Mayat Bayi di Sungai
Seorang warga menemukan mayat bayi di sungai di bawah jembatan kawasan hutan Dusun Cepoko Desa Sumberagung, Grobogan. Dua sejoli diamankan polisi.
Bayi dalam Kardus Gegerkan Warga Langsa, Aceh
Bayi ditemukan dalam kardus gegerkan warga Desa Alue Dua Bakaran Batee Kecamatan Langsa Aceh.
Bayi Cantik Dibuang di Pos Ronda Kalasan Sleman Yogyakarta
Bayi cantik dibuang di pos ronda di Kapanewon Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Polisi memburu orang tua yang membuang bayi malang ini.
0
Mayat Bayi Mengenaskan Ditemukan di Sungai Jagetan Jepara
Sesosok mayat bayi perempuan ditemukan warga yang tengah mencari rumput di sekitar Sungai Jagetan, Tahunan, Jepara.