UNTUK INDONESIA

Mauricio Pochettino Pulang Kandang ke PSG Prancis

Mauricio Pochettino menggantikan Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala di Paris St-Germain, klub tempat Pochettino bermain tahun 2001-2003
Mauricio Pochettino (Foto: theguardian.com - David Klein/Reuters)

Jakarta - Mantan pelatih Tottenham Hotspur dan Southampton, Mauricio Pochettino, ditunjuk oleh manajemen Paris St-Germain (PSG), klup papan atas Prancis, sebagai pelatih kepala. Pemain Argentina, 48 tahun, ini menggantikan Thomas Tuchel. Pochettino telah menandatangani kesepakatan sampai 30 Juni 2022 dengan opsi satu tahun tambahan.

Pochettino sendiri pernah bermain untuk PSG antara tahun 2001 dan 2003. Pochettino menganggur sejak dipecat oleh Spurs pada November 2019. Pochettino bermain 95 kali di PSG.

PSG berada di urutan ketiga di Ligue 1 dan akan menghadapi Barcelona di babak 16 besar Liga Champions pada Februari dan Maret 2021.

Tuchel, pelatih asal Jerman, dipecat pada 29 Desember 2020, setelah dua setengah tahun sebagai pelatih di PSG.

Pochettino akan menjalani sesi latihan pertama pada hari Minggu, 3 Januari 2021, setelah jeda musim dingin liga Prancis.

Dia mengatakan dia "senang dan terhormat" untuk mengambil peran itu dan bahwa klub "selalu memiliki tempat khusus di hati saya". "Saya kembali ke klub hari ini dengan banyak ambisi dan kerendahan hati, dan saya ingin sekali bekerja dengan beberapa pemain paling berbakat di dunia," kata Pochettino.

Menurut Pochettino, PSG memiliki potensi yang luar biasa. Dengan bantuan staf di PSG Pochettino mengatakan akan melakukan segala yang dibutuhkan agar bisa untuk mendapatkan yang terbaik untuk PSG di semua kompetisi. “Kami juga akan melakukan yang terbaik untuk memberikan tim kami identitas permainan yang agresif dan menyerang yang selalu dimiliki oleh penggemar Paris. Dicintai,” ujar Pochettino.

Ketua dan kepala eksekutif PSG, Nasser Al-Khelaifi, mengatakan kembalinya Pochettino "sangat cocok dengan ambisi kami", menambahkan: "Ini akan menjadi babak lain yang menarik bagi klub dan saya yakin para penggemar akan menikmati."

pchettino di psgMauricio Pochettino ketika bermain di PSG (Foto: bbc.com/sport - Reuters)

Pochettino memulai karir manajerialnya di Espanyol dan menghabiskan 18 bulan di Southampton sebelum bergabung dengan Tottenham pada Mei 2014. Dia membimbing mereka ke final Piala Liga di musim penuh pertamanya, sementara dua finis ketiga diapit tempat runner-up di Liga Premier pada 2016-17.

Pochettino, mantan bek Argentina, membawa Spurs ke final Liga Champions 2019, di mana mereka kalah dari Liverpool. Dia dipecat lima bulan kemudian, dengan klub ke-14 di Liga Premier, dan digantikan oleh Jose Mourinho.

Pertandingan terakhir Tuchel yang bertanggung jawab atas PSG adalah kemenangan 4-0 atas Strasbourg pada 23 Desember, yang membuat juara bertahan itu berada dalam jarak satu poin dari pemimpin Ligue 1 Lyon dan tim urutan kedua Lille sebelum istirahat musim dingin selama dua minggu.

PSG telah dikaitkan dengan kepindahan pinjaman Januari untuk Tottenham Dele Alli, yang melakukan debut Liga Premier di bawah Pochettino.

Analisis - 'Pertandingan dibuat di surga' - Mantan bek Manchester City, Micah Richards, di BBC Final Score

Kami semua ingin melihatnya kembali dan kami semua mengira dia sedang menunggu pekerjaan Manchester United. PSG adalah pekerjaan besar. Ada harapan besar di sana.

Dengan skuad yang bisa dia pilih dan pemain yang bisa dia tarik, ini adalah pertandingan yang dibuat di surga.

Mantan gelandang Everton, Leon Osman, di BBC Final Score

Pochettino telah mendapatkan yang terbaik dari Dele Alli di masa lalu dan mungkin akan menjadi langkah cerdas untuk membawanya keluar dengan Euro yang semakin dekat.

Anda harus sukses [di PSG]. Mereka telah memindahkan Thomas Tuchel karena PSG sebenarnya dalam perburuan gelar daripada menang di canter. Ini kesempatan bagus untuk Pochettino (bbc.com/sport). []

Berita terkait
Mauricio Pochettino Bantah Bakal ke AC Milan
Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino membantah akan menangani AC Milan musim depan. Kabar itu hanya rumor belaka.
Tinggalkan Madrid Gabung PSG, Ramos Diimingi Bayaran Rp 1 T
Kapten Sergio Ramos ingin pensiun di Real Madrid. Namun dia diimingi gaji sangat tinggi bila bersedia bergabung dengan Paris Saint-Germain.
Barca dan Madrid Gigit Jari, Neymar dan Mbappe Tetap di PSG
Paris Saint-Germain segera perbarui kontrak 2 bintang, Neymar dan Kylian Mbappe. Ini memupus harapan Barcelona dan Real Madrid merekrut mereka.
0
Mauricio Pochettino Pulang Kandang ke PSG Prancis
Mauricio Pochettino menggantikan Thomas Tuchel sebagai pelatih kepala di Paris St-Germain, klub tempat Pochettino bermain tahun 2001-2003