Mau Jadi Musisi? Berikut Ini Tips yang Bisa Kamu Pelajari

Bagi Anda yang memiliki hobi bermain musik dan berkeinginan menjadi musisi, maka Anda harus melakukan beberapa langkah yang harus ditempuh.
Ilustrasi - Ari Lasso, seorang musisi, sedang bernyanyi. (Foto: Tagar/Dok Pribadi)

Jakarta - Banyak orang yang beranggapan bahwa cara menjadi musisi itu sulit dan bergantung pada keberuntungan. Faktanya, cara menjadi musisi itu berawal dari kerja keras dan kegigihan. Bagi Anda yang punya keahlian bermusik dan bermimpi untuk menjadi musisi, Anda bisa memulainya sekarang dari rumah Anda! Berikut ini langkah-langkah awal untuk berkarya sebagai musisi yang bisa Anda coba.

Rajin Buat Lagu Ciptaan Sendiri

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan terkadang muncul di saat yang tidak diduga. Karenanya, Anda harus selalu membawa buku catatan kecil dan juga pena supaya bisa langsung menulis lirik lagu atau nada lagu yang terbesit di otak Anda. Bisa juga mengandalkan aplikasi notes dan voice recording di smartphone Anda.

Saat baru mencoba menjadi musisi, jangan dulu terpaku untuk harus melahirkan lagu-lagu terbaik. Lebih baik, Anda menulis lagu sebanyak-banyaknya dan membiarkan inspirasi mengalir bebas. Selanjutnya, Anda bisa memilih 3 lagu terbaik untuk direkam dan dibuat menjadi demo musik.

Belajar Bermain Alat Musik Baru

Saat Anda baru mencoba cara menjadi musisi, kemungkinan besar Anda harus bergerak secara mandiri. Nah, ada baiknya Anda belajar berbagai alat musik untuk membantu Anda memperdalam kemampuan bermusik Anda.

Misalnya, Anda sudah mahir bermain gitar dan menjadikan gitar sebagai alat musik utama dalam membuat lagu. Supaya lagu yang Anda tulis dan rekam nantinya jadi lebih lengkap, Anda bisa belajar alat musik drum dan keyboard untuk meningkatkan musikalitas dalam lagu buatan Anda. Untuk itu, Anda bisa belajar secara otodidak, belajar bersama teman, atau ikut kursus musik.

Aktif Tunjukkan Keahlian di Media Sosial

Banyak orang mencari cara menjadi musisi, jadi Anda pun akan bersaing untuk mendapatkan spotlight dengan banyak musisi. Anda pun harus bergerak dengan aktif. Jangan tunggu sampai bisa merilis demo lagu atau tanda tangan kontrak dengan label musik, Anda bisa menunjukkan keahlian bermusik Anda di media sosial dulu!

Dengan media sosial, Anda bebas mengunggah video apa saja yang Anda inginkan, baik itu video Anda sedang cover lagu yang tengah populer maupun video Anda tengah menyanyikan lagu ciptaan Anda sendiri. Siapa tahu, video Anda akan jadi viral dan ditonton oleh musisi terkenal idola Anda. Ada banyak musisi dunia yang awal kariernya dimulai dari media sosial, sebut saja Justin Bieber, Shawn Mendes, Ariana Grande, dan 5 Seconds of Summer.

Gaet Publisher untuk Negosiasi Harga Demo Musik

Secara singkat, tugas publisher adalah untuk mengurus administrasi dan mengelola hak cipta atas karya musik yang Anda buat. Jadi, publisher menangani urusan lisensi dan royalti musik, sumber pendapatan seorang musisi.

Nah, ada baiknya Anda mencari publisher musik yang akan membantu Anda bernegosiasi harga. Ingat, pilihlah publisher musik yang punya visi dan misi yang sama dengan Anda serta sepemahaman dengan Anda. Nantinya, Anda bisa mencantumkan nama dan kontak publisher Anda dalam demo musik supaya produser bisa langsung menghubungi publisher Anda. Anda pun bisa fokus bermusik tanpa pusing mengurus administrasi lagu yang rumit.

Perluas Networking

Dunia musik ini erat kaitannya dengan perhatian publik, Anda pun harus membangun reputasi gemilang agar karya Anda bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Inilah pentingnya networking, di mana Anda bisa bertemu dengan sesama musisi lain untuk diajak berkolaborasi, produser musik untuk membantu Anda merilis album baru, label musik untuk menjadi tempat Anda bernaung, serta profesi-profesi lainnya di dunia hiburan yang akan membantu mengangkat popularitas Anda!

Siapkan Perangkat untuk Recording Lagu di Rumah

Bila Anda memang serius untuk mengikuti cara menjadi musisi, maka Anda pun membutuhkan perangkat recording lagu di rumah. Dengan begitu, Anda jadi lebih leluasa untuk menciptakan lagu-lagu tanpa harus sewa studio yang mahal. Lantas, apa saja kira-kira perangkat yang dibutuhkan?

Tentu saja laptop dengan spesifikasi tinggi untuk editing lagu, lalu software D.A.W (Digital Audio Workstation) untuk merekam, processing, dan edit lagu. Jangan lupakan juga audio interface, alat musik, mikrofon, serta headphone untuk menunjang kerja Anda sebagai musisi.

Siapkan semua yang Anda perlukan untuk meraih mimpi jadi musisi. Tak perlu keluar rumah, sekarang Anda bisa mencari berbagai peralatan Anda secara online di berbagai marketplace. Apalagi masih di suatu pandemi begini. []


Baca juga


Berita terkait
BTS Mulai Syuting Video Musik Jelang Comeback
Boy band asal Korea yang banyak digandrungi pengemar di seluruh dunia, bernama BTS dikabarkan mulai syuting video musik terbaru untuk comeback.
Dunia Musik Indonesia Berduka Cita atas Kepergian Aria Baron
Aria Baron, Manajer Gigi band meninggal dunia. Tidak hanya keluarga besar Gigi band, tetapi banyak sekali musisi yang merasa kehilangan sosok Abah.
Kemenparekraf Umumkan Pemenang Lomba Karya Musik Anak Komunitas
Daftar nama pemenang Lomba Karya Musik Anak Komunitas bertajuk Kamu Aku Indonesia, diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
0
Mau Jadi Musisi? Berikut Ini Tips yang Bisa Kamu Pelajari
Bagi Anda yang memiliki hobi bermain musik dan berkeinginan menjadi musisi, maka Anda harus melakukan beberapa langkah yang harus ditempuh.