Waskita Karya

Ma'ruf Amin Minta UMKM Manfaatkan Platfrom Digital

Maruf Amin mendorong para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk memanfaatkan platfrom digital kreatif dalam pemasaran produk lebih luas lagi.
Wakil Presiden KH Maruf Amin. (Foto: Tagar/Setneg)

Jakarta - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong para pelaku ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk.

Menurutnya seiring perkembangan teknologi dan dunia semakin maju sudah saatnya UMKM lebih adaptif, kreatif, dan inovatif dalam terus mengembangkan usahanya.

"Dalam era digital ini, UMKM juga harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi dan pemasaran produknya," ujar Ma'ruf dalam sambutannya saat menghadiri Acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara daring, Jumat, 18 Juni 2021.


UMKM memiliki kesempatan untuk berperan lebih besar dan lebih luas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.


Ia juga mengatakan pemasaran produk UMKM secara online diharapkan mampu menciptakan efek berganda yang memberikan manfaat lebih besar dan lebih luas lagi bagi para pelaku UMKM. Sehingga, pada akhirnya mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional.

"Pemasaran produk secara online diharapkan mampu menciptakan multiplayer effect yang memberikan manfaat yang besar dan lebih luas bagi para pelaku sehingga mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan perekonomian nasional," ucapnya.

Tak hanya itu, Ma’ruf juga mengatakan soal komitmen pemerintah untuk mengutamakan penggunaan produk lokal UMKM telah diamanatkan dalam Perpres Nomor 12 tahun 2021, yaitu dengan adanya kewajiban alokasi 40 persen bagi UMKM dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Wapres mengatakan, melalui Gernas BBI yang dilaksanakan hari ini, pemerintah ingin terus mendorong national branding produk lokal unggulan. Sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar.

"UMKM memiliki kesempatan untuk berperan lebih besar dan lebih luas dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah," katanya.

Sejak diluncurkan tahun 2021, Gernas BBI telah berhasil mengikutsertakan 3,7 juta unit UMKM bergabung dengan platform online untuk memasarkan produknya. []

Berita terkait
Wapres Maruf Amin Bantah Wakaf Uang Dirampok Pemerintah
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan tidak ada niat Pemerintah untuk mengambil dana wakaf atas Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU).
Wakil Presiden Maruf Amin: Tak Ada Dua Matahari
Wakil Presiden RI Maruf Amin ogah disebut dirinya hanya pelengkap kepemimpinan Presiden Jokowi setelah genap setahun usai dilantik.
Maruf Amin Jelaskan 3 Kebijakan Pemerintah Tangani Corona
Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan pemerintah sudah mengeluarkan tiga kebijakan untuk penanganan kasus virus Corona
0
Ma'ruf Amin Minta UMKM Manfaatkan Platfrom Digital
Maruf Amin mendorong para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk memanfaatkan platfrom digital kreatif dalam pemasaran produk lebih luas lagi.