UNTUK INDONESIA
Marquez Kawinkan Tiga Gelar Untuk Honda di Valencia
Setelah mengunci juara dunia Marc Marquez kembali mempersembahkan kemenangan bagi timnya yaitu Repsol Honda ketika dia juara di Sirkuit Valencia
Marc Marquez, Repsol Honda, di sirkuit Valencia, Italia, 17 November 2019 (Foto: motogp.com)

Valencia - Marc Marquez menyelesaikan tugas terakhirnya di penghujung musim balapan 2019 dengan finis podium teratas Grand Prix Valencia, Minggu, 17 November 2019, sebagai gelar ketiga bagi Honda tahun ini.

Pebalap asal Spanyol itu finis terdepan di Sirkuit Ricardo Tormo. Ini menghasilkan poin penuh untuk Repsol Honda yang membawa pulang gelar juara tim, mengalahkan Ducati yang sebelumnya memimpin dua poin.

Sebelumnya, Marquez mengunci gelar juara dunia tahun ini di Buriram, Thailand, dan mempersembahkan gelar kedua bagi Honda sebagai juara konstruktor di Jepang, seperti dilaporkan Antara.

Ducati harus kehilangan peluang menjadi juara tim setelah Andrea Dovizioso hanya finis P4 sedangkan rekan satu timnya, Danilo Petrucci, gagal menyelesaikan lomba karena terjatuh di lap ke-14.

Jorge Lorenzo tak membantu banyak namun mampu menyumbang tiga poin bagi Repsol Honda dengan finis di P13 sebelum dia pensiun dari dunia balap motor. Juara dunia lima kali itu pun pamitan dengan menancapkan bendera dengan lambang kebesarannya di pinggir trek, ritual khas Lorenzo ketika menjuarai balapan.

Rookie Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) memenuhi target finis podium di seri pamungkas itu sebagai runner-up dan Jack Miller (Pramac Racing) melengkapi podium di P3.

Lomba berjalan minim drama. Marquez melakukan start buruk dari P2 dan sempat terlempar ke P6 di lap pertama sebelum mampu memperbaiki posisinya di belakang Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang berada di depan.

Marquez mampu menyalip rival asal Prancis itu di lap ke-8 untuk memimpin lomba hingga finis.

Suhu udara Valencia yang dingin di bulan November membuat sejumlah pebalap mengalami masalah dengan daya cengkeram ban dan tak sedikit dari mereka yang terjatuh di lomba.

Tiga pebalap terjatuh di Tikungan 6 ketika balapan berjalan 14 putaran. Petrucci terjatuh terlebih dahulu. Tak lama berselang, Johann Zarco (LCR Honda) kehilangan grip ban depannya di tikungan yang sama.

Debutan Iker Lecuona juga terjatuh, motor KTM yang ia kendarai terlepas dan melesat ke gravel dan menghantam Zarco yang sedang berjalan ke pinggir trek.

Pebalap LCR Honda lainnya, Cal Crutchlow juga gagal finis setelah terjatuh di lap ke-11.

Alex Rins finis P5 untuk Suzuki Ecstar, namun poin yang ia raih hari itu belum cukup mengatrol posisinya ke peringkat tiga klasemen karena saingan terdekatnya, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) unggul enam poin setelah finis P6 di Valencia.

Rookie Joan Mir mengikuti performa positif rekan satu timnya di Suzuki dengan finis P7, mengalahkan Valentino Rossi yang harus puas di P8.

Aleix Espargaro (Factory Aprilia Racing) finis P9, mengungguli saudaranya, Pol Espargaro (KTM Factory) di P10.

Lecuona menjalani debut MotoGP lebih awal bersama tim KTM Tech 3 untuk menggantikan Miguel Oliveira yang sedang cedera.

Sementara itu, Francesco Bagnaia dinyatakan tidak fit untuk balapan setelah mengalami insiden di FP3.

Setelah ini, tes pramusim 2020 selama dua hari di Valencia akan digelar pada Selasa, 19 November 2019 dan Rabu, 20 November 2019. []

Berita terkait
MotoGP 2017: Marquez Pernah Gagal di Inggris, Kuncinya Ban Motor
Marquez gagal finis di MotoGP Inggris. Menurut Marquez, dia akan bisa memenangi Motegi karena ban menjadi kunci keberhasilannya mencapai finish.
MotoGP Indonesia Ditargetkan Tarik 100 Ribu Wisatawan
Menteri Pariwisata menargetkan pergelaran balap MotoGP Indonesia 2021 di sirkuit Mandalika di Lombok, dikunjungi 100 ribu wisatawan.
MotoGP: Peluang Marc Marquez Kunci Gelar Juara Dunia
Pembalap Marc Marquez menjuarai balapan GP Aragon, Spanyol, 22 September 2019, dengan kemenangan ini Marquez berpeluang jadi juara dunia
0
Alasan Sekarda Garuda Ikut Ari Askhara ke Prancis
Ketua Harian Sekarga Garuda Tommy Tampatty mengakui bahwa ia memang ikut dengan rombongan manajemen ke Prancis membawa pesawat Airbus A330-900.