UNTUK INDONESIA
Mangrove Hingga Bukit Destinasi Wisata Natuna
Natuna, Kepulauan Riau memiliki banyak objek wisata yang menarik perhatian wisatawan, berikut ulasannya.
Taman Batu Alif. (Foto: Instagram/disparbud_natuna)

Jakarta - Natuna, Kepulauan Riau sedang ramai diperbincangkan setelah diklaim China atas bagian wilayah tersebut. Hal itu disebabkan karena kekayaan sumber daya alam daerah itu yang menggiurkan sejumlah negara asing.

Pulau terluar di Indonesia ini, memang dikenal memiliki destinasi wisata yang sangat memesona. Apalagi dengan wisata alam yang ada di Natuna, Kepulauan Riau sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Namun, bukan berarti objek lain yang ada di wilayah ini tidak kalah mempesona. Berikut Tagar rangkumkan beberapa destinasi wisata di Natuna, Kepulauan Riau yang bisa jadi rekomendasi ketika Anda berada di lokasi tersebut.

1. Masjid Raya Natuna

Masjid Raya NatunaKeindahan Masjid Raya Natuna. (Foto: Instagram/seasia.co)

Masjid yang terletak di Ranai ini telah menjadi ikon di kabupaten Natuna. Bentuk bangunannya yang besar dengan luas mencapai 5.500 meter persegi ini bisa menampung hingga 5.000 orang.

Didominasi warna hijau dan kuning telur, masjid ini punya empat menara dengan ketinggian masing-masing 17 meter yang melambangkan rakaat dalam sehari.

Tempat ibadah ini sekilas mirip dengan Taj Mahal di India karena kolam yang berada di tengah jalannya, serta dari segi arsitektur bangunannya.

Keistimewaan lainnya yaitu terdapat kaligrafi dan desain motif bunga yang menghiasi, tentu menambah kecantikan masjid kebanggaan masyarakat Natuna ini. Tidak hanya itu, pesona Indonesia menuliskan jika ornamen pintu Masjid Raya Natuna terinspirasi dari Alquran.

2. Taman Batu Alif

Taman Batu AlifTaman Batu Alif. (Foto: Instagram/disparbud_natuna)

Taman Batu Alif yang terletak di tepi pantai Desa Sepempang, Ranai, Kabupaten Natuna bisa menjadi rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di wilayah tersebut.

Pengunjung akan disuguhi deretan bongkahan batu Megalith yang menyatu dengan air laut yang sangat jernih. Bukan hanya itu saja, wisatawan bisa menikmati ayunan yang berada di pinggir pantai, lembutnya pasir pesisir Natuna, serta berjalan di sekitar tumpukan batu bahkan menaikinya untuk berswafoto.

Hal menarik lainnya yang bisa Anda nikmati ketika matahari terbenam. Dari pesona itu akan memancarkan keindahan dan keeksotisan destinasi wisata alam yang satu ini.

Nama objek wisata tersebut diambil dari batu paling tinggi yang ada di sana karena berbentuk seperti huruf pertama hijaiah yaitu Alif.

3. Mangrove Semitan

Hutan Mangrove SemitanHutan Mangrove Semitan di Natuna. (Foto: Instagram/@inuy21)

Selain pantai dan batu granit, Natuna juga memiliki kawasan hutan bakau yang indah, bahkan tempat ini sempat viral di akhir tahun 2018. Wisata tersebut terletak di muara Sungai Semitan dan dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

Hal itu membuktikan jika warga di sana sangat peduli akan pelestarian dan menjaga kawasan lindung dari tindakan-tindakan yang merusak alam.

Bagi Anda yang suka tantangan, berpetualanglah dengan menyusuri sungai menggunakan perahu sambil menyaksikan keragaman fauna di sepanjang perjalanan. Bahkan yang tak kalah serunya, Anda juga bisa memancing hingga menjala ikan di muara sungai Semitan.

Bukan hanya itu saja, wisatawan juga bisa menyambangi Kampong Lama Semitan yang menawarkan beragam kebudayaan dan kenikmatan kuliner tradisional di wilayah tersebut. 

4. Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah di NatunaPanorama Pantai Batu Kasah di Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: Instagram/disparbud_natuna)

Objek wisata ini dikenal juga dengan nama Pantai Cemaga karena berada di Desa Cemaga, Natuna, Kepulauan Riau. Tempat ini memiliki keindahan luar biasa dan sudah dikenal hingga mancanegara.

Destinasi wisata alam yang satu ini dikenal dengan pemandangan dan bebatuan granit yang besar, serta ombaknya yang menakjubkan. Sehingga, menarik perhatian wisatawan. 

Untuk tiba di Pantai Batu Kasah dibutuhkan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 45 sampai satu jam perjalanan dari pusat kota Ranai. Jangan khawatir dengan keindahan yang dimiliki, rasanya lokasi ini cocok untuk dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi ketika berada di Natuna, Kepulauan Riau.

5. Bukit Kapur

Bukit Kapur NatunaPemandangan Bukit Kapur Natuna. (Foto: Instagram/@denny_mx)

Destinasi wisata alam yang berada di kaki gunung Ranai ini sempat viral setelah dipopulerkan tahun 2017 hingga sekarang melalui media sosial.

Terletak di atas ketinggian 400 meter, tempat ini menawarkan keindahan hijaunya hutan belantara yang menjadi daya tarik pengunjung.

Selain menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata, wisatawan bisa mengabadikan momen dengan berswafoto melihat Natuna dari ketinggian. Khusus penyuka hal-hal yang menantang, Anda wajib mengunjungi Bukit Kapur dikala berada di Natuna, Kepulauan Riau kerena objek wisatanya bisa menguji adrenalin. []

Baca juga:

Berita terkait
Icip-icip Kelezatan Lima Kuliner Khas Pulau Natuna
Natuna, namanya sedang ramai dibicarakan, perebutan dengan Cina isu yang kian menghangat. Sebelum itu, icip-icip kelezatan kulinernya dulu.
Kasus Natuna Pengaruhi Investasi China di Indonesia?
Persoalan di perairan Natuna, tidak mempengaruhi investasi Indonesia-China.
Wisata Pemandian di Subulussalam Aceh Pilihan Warga
Ratusan warga memadati sejumlah kawasan objek wisata di wilayah Kota Subulussalam, Aceh, Rabu 1 Januari 2020.
0
Corona, Kredit Macet Bank Mandiri Diprediksi Naik
Serangan virus corona yang sudah masuk Tanah Air bakal memberikan tekanan pada dunia usaha termasuk sektor perbankan.