UNTUK INDONESIA

Manfaat Saffron, Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing Alami

Saffron termasuk kedalam rempah-rempah termahal di dunia. Berikut manfaatnya bagi kecantikan.
Saffron. (Foto: Tagar/Dr. Well)

Jakarta - Saffron  berasal dari tangkai putik bunga crocus sativus. Bunga ini termasuk kedalam rempah-rempah termahal di dunia, dan telah digunakan masyarakat selama berabad-abad. Dahulu masyarakat menggunakannya untuk pengobatan berbagai penyakit. Tetapi, tahukah Anda bahwa saffron juga bermanfaat bagi perawatan kulit?

Dikemas dengan antioksidan, Vitamin C dan mineral, saffron membantu mencerahkan kulit, mengurangi gelap di bawah mata, mencerahkan hiperpigmentasi, menenangkan iritasi, dan memiliki khasiat menyembuhkan kulit.

Segudang manfaat saffron menjadikannya layak menjadi rangkaian perawatan kulit. Berikut manfaat menggunakan saffron untuk kulit yang perlu Anda ketahui.

Menjadikan kulit bercahaya (glowing)

Saffron dan maduSaffron dan madu. (Foto:Tagar/magazine.job-like)

Saffron adalah jawaban yang tepat untuk kulit yang sehat dan bercahaya. cuaca yang panas dan kering membuat kulit anda terlihat kusam. Selain dari sabun cuci muka dan pelembab, kita perlu memanjakan kulit wajah menggunakan masker. Yang perlu dilakukan hanyalah mengambil beberapa tangkai saffron dan satu sendok madu. campurkan semua bahan dan oleskan di wajah. Saffron dan madu membuat perpaduan yang sempurna untuk mengembalikan warna kulit Anda yang kusam.

Meratakan warna kulit

Saffron dan bubuk susuSaffron dan bubuk susu. (Foto:Tagar/merdeka)

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. menghilangkan warna yang lebih gelap menjadi proses yang rumit. Tapi, saffron bisa menjadi solusi yang tepat. Setelah berlibur ke pantai, rawat kulit Anda dengan saffron.

Rendam saffron dengan susu dan simpan semalaman. keesokan paginya, haluskan dengan jari Anda. Oleskan campuran tersebut ke area yang terkena, dan Anda akan melihat warna kulit yang lebih gelap menjadi lebih cerah.

Mengurangi peradangan

Saffron dan kemangiSaffron dan kemangi. (Foto:Tagar/Fimela)

Kulit yang meradang menyebabkan kemerahan, bengkak, gatal dan iritasi. Semua ini dapat menurunkan kesehatan kulit. tetapi, tahukah kalian yang bisa memperbaiki kondisi tersebut? Ya, benar dengan saffron. Saffron mengandung senyawa yang dikenal sebagai kaempferol yang ditemukan di kelopak bunganya. Ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit.

Anda hanya perlu menghaluskan 5 daun kemangi dan 10 hingga 15 helai saffron. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama beberapa menit sebelum bilas. Saffron dan kemangi ini akan menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi serta mengurangi kemerahan.

Kulit Merona

Saffron dan air mawarSaffron dan air mawar. (Foto:Tagar/BukaReview)

Setelah membersihkan muka, melembabkan adalah satu langkah terpenting dari rutinitas perawatan kulit. Toner, dapat membantu membuat kulit lebih cerah dan sehat. Jika ingin membuat toner alami, Anda bisa menggunakan beberapa helai saffron. 

Caranya, campur saffron dalam air mawar. Lalu jika ingin memakainya, gunakan kapas dan basahi menggunakan campuran tersebut. Lau oleskan kapas tersebut pada wajah . Menggunakan toner alami ini setiap hari membuat kulit Anda lebih segar dan terawat.

Mengobati pigmentasi

Saffron dan kunyitSaffron dan kunyit. (Foto:Tagar/Kitakini)

Kerusakan akibat sinar matahari, peradangan dan luka kulit adalah beberapa penyebab pigmentasi. Alih-alih mengobatinya, kita cenderung menutupinya dengan bantuan concealer.

Nah, jika Anda selama ini gagal menangani pigmentasi, inilah bahan ajaib yang bisa membantu. Saffron adalah bahan alami yang sangat baik yang membantu mengurangi pigmentasi, noda dan bintik hitam.

Rendam segenggam saffron dalam air. Tambahkan dua sendok makan bubuk kunyit ke dalamnya dan oleskan pasta tersebut ke wajah . Menerapkannya beberapa kali secara teratur akan membantu menghilangkan bintik hitam dan pigmentasi.

Nah, tadi adalah manfaat saffron yang bisa Anda gunakan sebagai kecantikan perawatan kulit wajah . Bagaimana, cukup banyak bukan manfaat saffron? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? []

Penulis: Risma Dewi Indriani

Berita terkait
Santet Paling Populer di Indonesia Berdasarkan Jenisnya
Santet merupakan ilmu hitam yang digunakan untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh. Santet bisa diaplikasikan melalui foto atau rambut korban.
Tips Menggoreng Ikan Atau Ayam Tanpa Meletup, Dijamin Ampuh
Menggoreng Ikan/ayam sering menjadi momok menakutkan bagi ibu-ibu karena minyaknya sering meletup. Berikut tips aman menggoreng ayam/ikan.
Tips Sehat - Nyaman Susi Pudjiastuti Liburan Saat New Normal
Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti hobi traveling. Dia berbagi tips sehat dan nyaman saat piknik di era new normal.
0
Manfaat Saffron, Bisa Bikin Kulit Wajah Glowing Alami
Saffron termasuk kedalam rempah-rempah termahal di dunia. Berikut manfaatnya bagi kecantikan.