Manfaat Pijat Refleksi Kaki untuk Kesehatan

Tekanan yang diterapkan pada kaki diyakini membawa relaksasi dan penyembuhan ke area tubuh.
Ilustrasi pijat refleksi kaki. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Pijat refleksi adalah penerapan tekanan pada area kaki atau tangan. Pijat refleksi umumnya santai dan dapat membantu mengurangi stres. Teori di balik pijat refleksi ini adalah bahwa area kaki berhubungan dengan organ dan sistem tubuh. Tekanan yang diterapkan pada kaki diyakini membawa relaksasi dan penyembuhan ke area tubuh.

Meskipun pijat refleksi telah dipraktekkan di banyak negara selama ribuan tahun, ada sedikit bukti ilmiah yang tersedia untuk membuktikan keefektifannya. Berikut ini, ahli pijat dari yourfootpalace.com berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang bagaimana pijat refleksi kaki dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.


1. Mendorong relaksasi

Pijat refleksi dapat mengalirkan jalur saraf dengan relaksasi, mendorong keadaan damai dan tenang dalam tubuh dan pikiran. Perubahan fisiologis ini menghasilkan pengurangan stres. Pengurangan stres melalui terapi refleksologi sering dikaitkan dengan menghilangkan gangguan tidur. Ini dapat membantu tubuh Anda kembali ke keadaan yang lebih rileks dan seimbang.


2. Meningkatkan stimulasi sistem saraf

Jalur saraf terbuka menguntungkan sistem saraf pusat kita dalam berbagai cara. Otak mampu menangani input lebih efektif, yang dapat mempercepat kekuatan kognitif. Dengan demikian, meningkatkan kecepatan reaksi fisik, meningkatkan memori Anda. Secara keseluruhan, seluruh otak mampu bekerja lebih cepat dan efisien.


3. Meredakan migrain dan sakit kepala

Pijat refleksi sering dicari oleh orang yang sedang mengalami kesakitan, karena pijat refleksi dapat mengurangi keparahan migrain dan sakit kepala dengan meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan otot. Karena stress, faktor psikologis sering muncul sebagai gejala migrain, dan sakit kepala akibat stres juga dapat dihilangkan.


4. Meningkatkan sirkulasi

Mungkin hasil refleksiologi yang paling terkenal dan terverifikasi adalah peningkatan sirkulasi ke seluruh tubuh, yang berarti darah dan oksigen disirkulasikan ke seluruh tubuh dengan lebih efektif. Karena manfaat ini, oksigen mencapai sistem organ vital, mengoptimalkan fungsinya dan meningkatkan metabolisme.


5. Meningkatkan energi

Dengan menyelaraskan fungsi sistem organ dan otot, pijat refleksi berpotensi meningkatkan metabolisme dan penciptaan energi. Dengan kata lain, sesi refleksi dapat membantu mengembalikan energi tubuh dan pikiran Anda.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga







Berita terkait
Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pijat Kehamilan
Banyak terapis pijat kehamilan menghindari memijat wanita hamil pada trimester pertama karena dapat meningkatkan risiko keguguran.
Pahami Khasiat Menakjubkan Bekam untuk Kesehatan
Bekam menjadi salah satu metode pengobatan alternatif yang baik untuk kesehatan tubuh. Metode ini bisa mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
Akupuntur Bermanfaat dalam Program Bayi Tabung
bayi tabung
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.