Manfaat Kulit Nanas yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Nanas adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae.
Meski sebagian besar nanas Taiwan dikonsumsi di dalam negeri, tetapi 90% ekspor nanas Taiwan ke luar negeri dijual di China (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Buah Nanas adalah salah satu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya, kulit nanas pun juga menyimbang segudang kandungan.

Selain kandungan vitamin C, nanas juga memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit.

Nanas adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae.

Nanas merupakan tumbuhan asli Amerika Selatan, dan telah dibudidayakan disana selama berabad-abad.

Sebagaimana dilansir Tip Hero, berikut sejumlah manfaat kulit buah nanas untuk kesehatan.

1. Meningkatkan sistem imun

Tingginya kadar vitamin C dalam nanas dan kulitnya mencegah dan melawan infeksi. Kekuatan bromelain dan vitamin C berperan sebagai penangkal bakteri, pemotong lendir, penekan batuk, penyembuh luka, dan penguat sistem keseluruhan dalam tubuh.

Tingginya kandungan antioksidan dalam nanas dapat membantu tubuh mencegah dan melawan infeksi. Selain itu, kandungan Vitamin C dalam nanas yang didukung oleh kandungan asam amino dapat menjaga kekebalan tubuh.

Dengan mengkonsumsi air rebusan nanas secara teratur, sel-sel rusak yang disebabkan karena adanya radikal bebas dan faktor usia dapat langsung diperbaiki dengan kandungan Vitamin C dan asam amino yang dimiliki nanas.

2. Meningkatkan kesuburan

Buah nanas merupakan salah satu hal yang biasanya dikonsumsi wanita yang sedang melakukan program kehamilan. Hal ini karena nanas memiliki kandungan beta karoten dan bromelainnya. Kedua kandungan jni dapat mengurangi peradangan di dalam rahim.

Sehingga mampu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi. Mengkonsumsi nanas yang diolah menjadi jus atau hidangan penutup lainnya, memiliki fungsi maksimal jika kamu rutin mengkonsumsinya setiap pagi dalam satu minggu.

3. Kesehatan gigi

Baik mengkonsumsi daging buah atau kulit nanas membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan gigi. Karena kulit nanas memiliki sifat anti peradangan, yang membantu melawan bakteri di mulut.

Tak hanya itu, kulit nanas juga memiliki kandungan mangan yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan gusi, membantu menumbuhkan, memperkuat, dan memperbaiki tulang serta gigi. Juga vitamin C dalam kulit nanas menjaga gusi tetap bersih dan sehat.[]

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Buah Plum yang Ampuh untuk Diet
Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan obat kimia sebagai langkah langsung menuju diet. Namun, kadang mendapatkan hasil yang tak diinginkan.
4 Jenis Buah untuk Cegah Demam Berdarah
Selain pandemi Covid-19, demam berdarah juga menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Berikut buah yang dapat Anda konsumsi.
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
0
Manfaat Kulit Nanas yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Nanas adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae.