4 Jenis Buah untuk Cegah Demam Berdarah

Selain pandemi Covid-19, demam berdarah juga menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Berikut buah yang dapat Anda konsumsi.
Ilustrasi - Jenis buah-buahan untuk mencegah demam berdarah. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Selain pandemi Covid-19, demam berdarah juga menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Pasalnya di beberapa daerah banyak masyarakat yang mengalami demam berdarah. 

Di tengah situasi yang tidak menentu ini, sangat penting mencegah sebelum mengobati. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan imun tubuh. Berikut jenis buah-buahan yang dapat Anda konsumsi.


1. Jeruk

Buah yang kaya akan vitamin C dapat membangun sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan tangguh.  Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan sel tubuh yang berperan dalam melawan penyakit. Itulah sebabnya mengapa saat sakit kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C.


2. Kelapa

Salah satu yang membuat penyakit demam berdarah bisa berkomplikasi berat adalah dehidrasi. Karenanya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap selalu terhidrasi. 

Mengonsumsi air putih memang bagus, tetapi air kelapa memiliki lebih banyak nutrisi, elektrolit, sehingga membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Singkatnya, air kepala dapat membantu memulihkan tubuh.


3. Pepaya

Daging buah pepaya dikenal kaya akan serat dan kaya akan vitamin A. Vitamin A tidak hanya menjaga kesehatan mata tetapi juga memperkuat daya tahan tubuh serta mengurangi risiko penyakit kronis.

Selain daging buah pepaya, daun pepaya juga menjadi pilihan baik untuk menjaga kesehatan. Cara mengonsumsinya, hancurkan daun pepaya dan peras untuk diambil sarinya. Ekstraknya dapat meningkatkan jumlah trombosit. 

Sebagai alternatif, Anda juga bisa merebus daun pepaya dalam air dan meminum larutannya. Ini adalah obat rumahan terbaik untuk pengobatan dan pencegahan demam berdarah.


4. Delima

Delima kaya akan nutrisi dan mineral penting yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi buah delima mengurangi rasa letih dan lesu. Delima kaya akan sumber zat besi, sehingga sangat bermanfaat buat produksi darah. Itulah sebabnya buah delima membantu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah normal yang sangat penting terkait demam berdarah.

Soalnya vitamin C sarat akan antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dapat membantu mencegah sakit termasuk demam berdarah. []

Berita terkait
Lima Manfaat Penting Buah Pisang
Buah pisang merupakan buah yang banyak digemari masyarakat. Selain lezat harganya juga murah. APalagi buh ini juga memiliki manfaat bagi tubuh.
Beberapa Manfaat Buah Anggur yang Perlu Anda Tahu
Buah anggur selain segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya memiliki banyak antioksidan yang menangkal radikal bebas.
4 Manfaat Buah Salak yang Tak Boleh Diremehkan
Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat.
0
4 Jenis Buah untuk Cegah Demam Berdarah
Selain pandemi Covid-19, demam berdarah juga menjadi kondisi yang harus diwaspadai sekarang-sekarang ini. Berikut buah yang dapat Anda konsumsi.