UNTUK INDONESIA
Manfaat Bugenvil yang Ditanam Gubernur Anies
Pemprov DKI Jakarta menanam sebanyak 100 ribu bugenvil di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
Bunga Bougenville. (Foto: Instagram/@morningseed)

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menanam sebanyak 100 ribu bugenvil di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu, 18 Agustus 2019.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatatakan bugenvil merupakan salah satu tanaman yang memiliki daya serap polusi udara yang tinggi. Betulkah bugenvil ampuh atasi polusi? 

"Hari ini kita sama-sama saksikan, aspeknya pilihan tanaman bugenvil itu salah satu tanaman yang memiliki serapan terhadap polusi udara dengan kategori tinggi," ucap Gubernur Anies di acara 'Penanaman Tanaman Bougenville Amenities' di Pintu 7 Gelora Bung Karno, Jalan Sudirman Jakarta Selatan, Minggu, 18 Agustus 2019. 

Menurut Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati, menyebutkan bahwa tanaman hias bugenvil dapat menyerap polusi udara sebanyak 45,44 mikrogram/gram.

Bugenvil

Pohon Bougenville (bugenvil) berasal dari Amerika Selatan. Merupakan tanaman bunga hias populer, bentuknya berupa pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh secara rimbun.

Bunga bugenvil punya banyak warga di antaranya jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.

Berikut manfaat tanaman bugenvil dan cara merawatnya.

1. Membersihkan Kualitas Udara

Tanaman bugenvil memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Tanaman ini memiliki efek yang sangat baik untuk menekan polusi yang disebabkan karena udara kotor, kondisi perubahan iklim dan berbagai efek timbal dari bahan bakar kendaraan.

2. Pengganti Antibiotik

Tanaman bugenvil mengandung metanol khusus yang berperan sebagai antibiotik alami.

3. Mengobati Batuk

Ambil beberapa kulit pohon yang sudah kering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Setelah itu campur bubuk kulit dalam satu gelas air matang. Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan menjadi lebih lega.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun bugenvil dipercaya memiliki senyawa anti-inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus.

5. Membunuh Bakteri

Esktrak daun bugenvil sangat ampuh dalam melawan perkembangan bakteri seperti bakteri S typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan sumber bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bugenvil bisa menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lain.

6. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga bugenvil memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Potensi ini bisa melawan semua radikal bebas yang terdapat pada saluran pencernaan dan organ lain dalam tubuh.

7. Mengatur Tekanan Darah

Tanaman bugenvil bisa digunakan sebagai minuman alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengatur tekanan darah.

8. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Konsumsi teh dari bunga bugenvil telah dilakukan sejak zaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bugenvil mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

9. Mengobati Resistensi Insulin

Pada skala tertentu maka menyebabkan diabetes. kandungan senyawa pinitol dalam bunga bugenvil dipercaya bisa mengatasi masalah resistensi insulin.

Cara konsumsinya bunga bugenvil yang sudah dikeringkan dan menjadi teh sangat disarankan untuk perawatan ini.

10. Mencegah Peradangan Lambung

Ekstrak daun bugenvil ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan peradangan pada bagian usus. Senyawa kimia dalam daun bugenvil bisa menimbulkan efek perlindungan dan menenangkan untuk usus. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan usus.

Cara Merawat Bugenvil

1. Penyiraman

Tanaman Bugenvil membutuhkan air yang banyak pada saat awal penanaman. Sama halnya dengan tanaman-tanaman lainnya yang membutuhkan nutrisi dari pasokan air di masa awal pertumbuhan. Akar yang baru tumbuh membutuhkan jumlah air yang banyak dibandingkan akar yang sudah tumbuh besar.

2. Sinar Matahari

Bunga bugenvil merupakan tanaman bunga yang membutuhkan banyak asupan sinar matahari, yaitu sekitar 70 persen sinar matahari.

3. Pemupukan

Berikan secara berkala dalam jumlah yang sewajarnya saja. Walaupun tanaman bugenvil bisa tumbuh dimana-mana, tapi tampilan bunga yang diberi pupuk jelas berbeda dengan yang tidak diberi. Tanaman yang diberi pupuk akan tumbuh lebih lebat dan subur.

4. Pemangkasan

Pohon Bugenvil bersifat rimbun. Jadi tanaman ini akan tumbuh dan berbunga dengan lebat. Maka dari itu, diperlukan pemangkasan agar tanamannya tidak bersulur kemana-mana. []

Berita terkait
Adian Napitupulu Sindir Trotoar Anies Baswedan
Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu mengatakan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Anies Baswedan bukan kebijakan solutif.
Adian Napitupulu Tantang Anies Baswedan Soal Trotoar
Politikus PDIP Adian Napitupulu menyebut solusi merevitalisasi trotoar di Ibu Kota yang digalakkan Anies Baswedan mengorbankan hak masyarakat lain.
Idul Adha, Gubernur Anies: Daging Diberikan Siap Saji
Daging hasil pemotongan hewan kurban tidak akan diberikan dalam bentuk daging mentah.
0
Dualisme AKD Buntut Kisruh DPRD Padangsidempuan
Konflik internal di tubuh DPRD Padangsidempuan, Sumatera Utara, belum berakhir karena di lembaga tersebut terdapat dua AKD.