UNTUK INDONESIA
Manchester United Nyaris Menang Lawan Tottenham
Manchester United nyaris menang lawan Tottenham Hotspur sebelum imbang 1-1. Peluang menang pupus karena penalti ke-2 ditolak VAR.
Manchester United nyaris menang lawan Tottenham Hotspur sebelum imbang 1-1 dalam duel Liga Premier Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 20 Juni 2020 dini hari WIB. Pemain Man United Bruno Fernandes (kanan) mencetak gol dari titik penalti di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Manchester United nyaris memenangkan pertandingan melawan Tottenham Hotspur. Dalam duel di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 20 Juni 2020 dini hari WIB, Man United bermain imbang 1-1. Peluang menang pupus karena penalti ke-2 dianulir VAR.

Man United kehilangan kesempatan meraih 3 poin di laga pertama sejak liga dihentikan karena pandemi Covid-19. Tertinggal lebih dulu, Man United mampu menyamakan kedudukan dan nyaris menang bila peluang penalti di menit terakhir 'disetujui' VAR.

Tambahan 1 poin dari pertandingan itu menggagalkan upaya Man United menggeser Chelsea. Man United masih tertahan di peringkat 5 dengan poin 46. Mereka masih tertinggal 2 poin dari Chelsea yang menduduki posisi 4.

Saya tidak senang dengan VAR, bukan pada wasit yang bertugas di pertandingan. Wasit bisa saja melakukan kesalahan

Hasil itu menjadikan Man United waswas. Pasalnya, mereka bisa digeser Sheffield United bila menang atas tuan rumah Newcastle United dalam laga di Saint James' Park, Minggu, 21 Juni 2020. Pasalnya, Sheffield yang menduduki peringkat 6 memiliki poin 44.

Sementara, Tottenham juga masih tertahan di peringkat 8 dengan poin 42. Posisi Tottenham bisa digeser tetangga sebelah, Arsenal, yang hanya terpaut 2 poin.

Tottenham Turunkan Harry Kane dan Son Heung-min  

Di laga tersebut, Man United tidak menurunkan gelandang Paul Pogba sebagai starter. Sebaliknya, Tottenham turun dengan kekuatan penuh, termasuk Harry Kane, Son Heung-min dan Moussa Sissoko yang telah pulih dari cedera. Ini menjadikan Tottenham tampil ofensif secara maksimal.

Namun Man United yang mendapat peluang lebih dulu melalui Marcus Rashford di menit 22. Hanya, sepakan striker tim nasional Inggris ini bisa digagalkan kiper Hugo Lloris.

Tak lama kemudian, Tottenham berhasil unggul melalui Steven Bergwijn yang memanfaatkan kesalahan bek Luke Shaw. Berawal dari upaya Shaw yang hendak membuang bola. Namun bola malah bisa direbut Serge Aurier yang mengirimkannya kepada Bergwijn.Harry KaneStriker Tottenham Hotspur Harry Kane (tengah) dikepung pemain Manchester United dalam duel Liga Premier Inggris yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 20 Juni 2020 dini hari WIB. (Foto: standard.co.uk)Tak lama kemudian, Tottenham berhasil unggul melalui Steven Bergwijn yang memanfaatkan kesalahan bek Luke Shaw. Berawal dari upaya Shaw yang hendak membuang bola. Namun bola malah bisa direbut Serge Aurier yang mengirimkannya kepada Bergwijn.

Pemain depan berusia 22 asal Belanda ini sempat melewati 2 pemain Man United sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper David de Gea. Gol tercipta di menit 27 dan skor 1-0 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Man United yang berusaha mengejar mencoba bermain ofensif. Serangan tidak hanya melalui Rashford dan Anthony Martial tetapi juga gelandang Bruno Fernandes. Tercatat peluang Martial bisa digagalkan oleh Lloris di menit 66.

Man United akhirnya bisa menyamakan skor dari titik penalti menit 81. Penalti diberikan setelah Pogba yang masuk menggantikan Fred dijatuhkan Eric Dier di kotak terlarang.

Wasit Jonathan Moss segera menunjuk titik putih. Kali ini tidak ada perebutan siapa yang melakukan eksekusi. Rashford dan Pogba yang biasa mengambil penalti menyerahkannya kepada Fernandes. Eksekusi pemain timnas Portugal ini dituntaskan sempurna yang mengubah skor menjadi 1-1.

Man United berpeluang menang saat mendapat penalti kedua menjelang akhir pertandingan. Dier kembali melakukan kesalahan saat berebut bola dengan Fernandes yang membuat pemain The Red Devils ini terjatuh.

Namun setelah ditinjau lewat VAR, Moss menganulir keputusannya. Man United pun gagal menang. Apalagi, peluang terakhir yang diperoleh striker muda Mason Greenwood juga masih gagal, Sepakan pemain yang masuk menggantikan Daniel James masih membentur tiang gawang. Skor 1-1 bertahan sampai laga selesai.

Usai laga, manajer Jose Mourinho mengecam VAR yang menggagalkan Tottenham meraih kemenangan. Mantan manajer Man United ini tak menyalahkan wasit tetapi VAR. Manchester UnitedGelandang Bruno Fernandes (kanan) menyelamatkan Manchester United dari kekalahan setelah mencetak gol dari titik penalti dalam duel melawan Tottenham Hotspur di Liga Premier Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu, 20 Juni 2020 dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1. (Foto: standard.co.uk)Usai laga, manajer Jose Mourinho mengecam VAR yang menggagalkan Tottenham meraih kemenangan. Mantan manajer Man United ini tak menyalahkan wasit tetapi VAR. 

"Saya kurang suka dengan penalti [pertama]. Saya juga tidak suka dengan penalti kedua," kata Mourinho kepada Sky Sports.

"Saya tidak senang dengan VAR, bukan pada wasit yang bertugas di pertandingan. Wasit bisa saja melakukan kesalahan. Dia bisa saja memberi penalti. Tetapi VAR seharusnya melakukan pekerjaannya dengan baik. Saya tak masalah dengan wasit Moss. Saya hanya kecewa dengan VAR," ucapnya.

Meski demikian eks pelatih Real Madrid ini mengritik wasit seharusnya tak memberikan penalti kedua meski dianulir VAR. Menurut dia insiden itu seharusnya tak membuahkan penalti.

"Moss seharusnya memberikan tendangan bebas dengan yang dialami Serge Aurier, tetapi dia membiarkan insiden itu. Bahkan dia kemudian memberi penalti yang memang tidak perlu," ucap dia. []

Berita terkait
Tottenham Vs Man United, Kembalinya Kane dan Pogba
Perburuan 4 besar Liga dimulai saat Tottenham Hotspur bertemu Manchester United. Duel ditandai kembalinya Harry Kane dan Paul Pogba.
Pogba-Rashford Kembali, Man United Bisa ke 4 Besar
Gelandang Paul Pogba dan striker Marcus Rashford sudah kembali. Skuat Manchester United kian komplet untuk menembus 4 besar Liga Premier Inggris.
Man United Sudah Siap Ladeni Tottenham Hotspur
Manchester United siap menghadapi Tottenham Hotspur di laga pertama saat Liga Premier Inggris digelar lagi. Target Man United tak lain menang.
0
Manajemen Bioskop di Yogyakarta Berhitung Untung Rugi
Managemen bioskop di Yogyakarta belum bisa memastikan kapan mulai beroperasi lagi. Saat ini masih berhitung untung dan rugi jika beroperasi.