UNTUK INDONESIA
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.
Manchester United bermain imbang 1-1 melawan Liverpool di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 20 Oktober 2019. Kemenangan Man United digagalkan Adam Lallana. Tampak Lallana merayakan gol di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Manchester United kembali gagal meraih kemenangan di kandang sendiri melawan rival bebuyutan, Liverpool. Dalam laga besar Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 20 Oktober 2019 malam WIB, Man United hanya mampu bermain imbang 1-1. Gelandang veteran Adam Lallana menyelamatkan Liverpool dari kekalahan. 

Kemenangan masih belum menghampiri Man United meski bermain di kandang sendiri. Padahal, The Red Devils sudah unggul di pertandingan yang diwarnai kontroversi penggunaan VAR. Saat menjelang akhir pertandingan, gawang David de Gea yang secara mengejutkan bisa tampil, kebobolan oleh sepakan Lallana. 

Kegagalan meraih poin penuh menjadikan Man United hanya naik satu strip untuk memperbaiki posisinya. Kini, mereka menduduki peringkat 13 dengan poin 10. 

Namun Man United boleh berbangga karena menghentikan rekor kemenangan Liverpool meski hanya mampu bermain imbang. Setidaknya, mereka menodai rekor gemilang The Reds

Liverpool sendiri masih nyaman di puncak klasemen dengan poin 25. Hanya, poin juara bertahan Liga Champions ini mulai merapat dengan pesaingnya, Manchester City, yang berada di peringkat dua. Liverpool unggul enam poin dari Man City yang sebelumnya menang 2-0 atas Crystal Palace. 

Manchester UnitedPemain Manchester United merayakan gol Marcus Rashford (kanan) di pertandingan melawan Liverpool di Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 20 Oktober 2019. Man United hanya mampu bermain imbang di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Pertandingan itu sendiri diwarnai keputusan kontroversial menyangkut penggunaan VAR. Sebelumnya, manajer Man City Pep Guardiola mengecam VAR yang 'membiarkan' pelanggaran yang dialami pemainnya di kotak penalti di laga melawan Palace. 

Pertandingan sempat memanas saat Man United mencetak gol melalui Marcus Rashford di menit 36. Namun sebelum terjadinya gol, bek Man United Victor Lindelof melakukan pelanggaran terhadap Divock Origi. 

Namun wasit membiarkan insiden itu dan bola dibawa Daniel James. Dirinya kemudian mengirim umpan silang yang diselesaikan Rashford.

Insiden itu sempat diprotes sehingga wasit Martin Atkinson meninjaunya lewat VAR. Suporter Liverpool sudah bersorak karena Atkinson bakal menganulir gol itu karena pelanggaran terhadap Origi memang terlihat jelas. Namun yang terjadi justru wasit tetap mengesahkannya 

Manajer Liverpool Juergen Klopp langsung mengajukan komplain kepada asisten wasit. Bahkan manajer asal Jerman itu terlihat adu mulut dengan asisten itu. Hanya keputusan wasit tak berubah. 

Menariknya, Man United kembali mendapat pertolongan VAR saat pemain depan Liverpool Sadio Mane yang mengecoh Lindelof berhasil menaklukkan De Gea. Kali ini, Man United protes karena adanya pelanggaran sehingga wasit pun meninjau gol itu. 

Hasilnya, gol dianulir dan suporter tuan rumah kembali bersorak. Man United mempertahankan keunggulan 1-0 atas Liverpool. 

Mempertahankan Skema 5-3-2

Di babak kedua, manajer Man United Ole Gunnar Solskjaer mempertahankan skema 5-3-2 yang membuat pimpinan klasemen frustrasi. Apalagi, The Reds kehilangan andalan di lini depan, Mohamed Salah yang cedera sehingga absen di laga tersebut.

LiverpoolBek Liverpool Virgil van Dijk (kanan) sampai jatuh bangun menghentikan pemain depan Manchester United Marcus Rashford di big match Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 20 Oktober 2019. Pertandingan itu sendiri berakhir imbang 1-1. (Foto: standard.co.uk)

Dengan mengandalkan Mane dan Roberto Firmino, mereka berusaha membobol gawang tuan rumah. Namun usaha mereka tak membuahkan hasil. 

Sampai akhirnya Klopps memasukkan Lallana dan menarik Jordan Henderson di menit 71. Pergantian itu tak sia-sia. Pemain berusia 31 ini sukses menaklukkan De Gea di menit 85. 

Gol yang menyamakan skor itu tidak terlepas dari kesalahan pemain belakang yang tidak memperhatikan Lallana yang berdiri bebas. Para bek Man United terfokus pada Andrew Robertson yang hendak mengirim bola ke depan gawang. 

Mereka tak menyadari bila Lallana berdiri besar. Tanpa kesulitan karena tidak ada pengawalan dari pemain Man United, eks pemain tim nasional Inggris dengan gampang membobol gawang lawan. Skor menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Ironis, Man United Tak Diunggulkan Lawan Liverpool
Manchester United tak diunggulkan saat menghadapi Liverpool di Liga Premier Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu malam ini.
Solskjaer Bela Asistennya di Manchester United
Para asisten manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer mendapat kritikan karena gagal menopang kinerja manajer sehingga tim kian terpuruk.
Man United Bisa Apa Tanpa 3 Pilar Lawan Liverpool
Manchester United bakal bekerja ekstrakeras karena kehilangan tiga pemain pilar saat menghadapi Liverpool di Liga Premier Inggris, Minggu ini.
0
Tim Gegana Selidiki Ledakan di Kejari Parepare
Warga Parepare dikagetkan dengan adanya suara ledakan dari dalam kantor Kejaksaan Negeri Parepare Sulawesi Selatan.