UNTUK INDONESIA
Mal di Medan Buka di Tengah Naiknya Kasus Covid-19
Di tengah kasus Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami kenaikan, sejumlah pusat perbelanjaan modern di Kota Medan mulai beroperasi.
Pusat Perbelanjaan Sun Plaza Medan, Sumatera Utara, tampak sudah mulai beroperasi, Jumat, 29 Mei 2020. (Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Di tengah kasus Covid-19 di Sumatera Utara masih terus mengalami kenaikan, sejumlah pusat perbelanjaan modern di Kota Medan sudah mulai beroperasi.

Hal itu diakui Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Utara dr Whiko Irwan di Medan, Kamis, 28 mei 2020 kemarin.

Hanya saja menurut Wihko, pusat perbelanjaan modern itu dibuka secara terbatas dan diwajibkan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Mal, plaza dan lainnya memang sudah ada yang buka, tapi masih secara terbatas. Mereka tetap wajib mengikuti atau menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Whiko.

Pasien yang dinyatakan positif versi PCR juga meningkat secara signifikan

Adapun protokol kesehatan dimaksud, misalnya pengunjung wajib memakai masker, jaga jarak antrean, cuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan tidak boleh berkerumun.

"Selain itu pengunjung juga dibatasi. Kami mengharapkan agar masyarakat mengikuti imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus ini," terangnya.

Whiko menyebut, sampai periode Kamis, 28 Mei 2020, kasus pasien dalam pengawasan Covid-19 di Sumatera Utara mencapai 137 orang, dan mereka telah dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan.

Kasus orang dalam pengawasan menurun, dari 441 menjadi 311, dan pasien sembuh meningkat dua orang, dari 116 menjadi 118. Kemudian, pasien meninggal dunia meningkat dua orang, dari 35 menjadi 37 orang.

"Pasien yang dinyatakan positif versi PCR juga meningkat secara signifikan, dari 332 orang menjadi 362 orang," terang Whiko. []

Berita terkait
Prajurit TNI di Medan Selamatkan Maling HP dari Maut
Prajurit TNI Marinir Koptu Paijo Simanjuntak menyelamatkan dua pelaku pencurian handphone dari amukan massa di Jalan Orion, Kota Medan.
600 KK Warga Miskin Medan Menuntut Bansos Covid-19
Emak-emak mewakili 600 KK di Medan menuntut pemerintah mendata ulang warga kurang mampu penerima bantuan terdampak pandemi Covid-19.
Kata Polisi Medan Biar Covid-19 yang Mudik Duluan
Polisi di Medan selalu mengecek angkutan penumpang ketika melintasi dari pos yang mereka jaga. Sasarannya masyarakat yang akan melakukan mudik.
0
Mal di Medan Buka di Tengah Naiknya Kasus Covid-19
Di tengah kasus Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami kenaikan, sejumlah pusat perbelanjaan modern di Kota Medan mulai beroperasi.