UNTUK INDONESIA
Mahfud MD Tak Ragukan Ideologi Pancasila Sumbar
Mahfud MD tidak meragukan ideologi pancasila masyarakat Sumatera Barat.
Menko Polhukam, Mahfud MD memberikan pemaparan terkait sejumlah hal dalam kunjungan kerja di Sumatera Barat, Rabu, 16 September 2020. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Menkopolhukam Mahfud MD tidak meragukan ideologi Pancasila warga Sumatera Barat (Sumbar). Sebab, perumusan dasar negara itu sebagian tokohnya berasal dari Tanah Minang.

Tak usah ribut dan meragukan lagi masyarakat Sumbar mendukung Pancasila, sudah pasti mendukung.

Hal itu dinyatakannya dalam peluncuran program konsultasi publik kesatuan bangsa, dan duduak basamo (duduk bersama) Menko Polhukam dengan Tungku Tigo Sajarangan se-Sumbar, Rabu, 16 September 2020.

Sila keempat Pancasila, kata Mahfud, ada kata permusyawaratan yang sesungguhnya berasal dari gagasan Muhammad Yamin yang notabene putra Minang.

"Tak usah ribut dan meragukan lagi masyarakat Sumbar mendukung Pancasila, sudah pasti mendukung," katanya.

Terkait ucapan Ketua DPR RI Puan Maharani yang mengatakan agar Sumbar menjadi daerah yang mendukung Pancasila, menurutnya, tidak sepenuhnya salah dan respon sebagian besar masyarakat Sumbar yang menetang ucapan itu juga tidak salah.

"Ucapan Puan tidak perlu diributkan, karena begini, yang satu menekankan agar Pancasilanya semakin kuat, dan yang satu ingin meyakinkan Pancasila sudah hidup sejak dulu di Sumbar. Artinya semuanya merasa memiliki Pancasila dan ingin menjaga bersama-sama," katanya.

Seperti diketahui, gaduh soal Sumbar diharapkan mendukung Pancasila berawal saat PDIP mengumumkan calon gubernur dan calon wakil gubernur dari sejumlah provinsi, termasuk calon untuk Pilkada 2020 di Sumbar, Rabu, 2 September 2020.

Namun, saat pidato memberikan sambutan dan khusus untuk calon dari Sumbar, Ketua DPP PDIP Puan Maharani berharap semoga Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila. []



Berita terkait
Mahfud Minta Penusuk Syekh Ali Jaber ke Pengadilan
Mahfud MD mendesak agar proses penyelidikan pelaku penusuk Syekh Ali Jaber berlanjut ke pengadilan.
Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber, MUI Setujui Mahfud Md
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyetujui langkah Menko Polhukam Mahfud Md terkait penusukan Syekh Ali Jaber.
Polisi Peminta Proyek Dilaporkan ke Mahfud dan Tito
IPW mengaku telah melaporkan oknum polisi peminta paksa proyek kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian.
0
IMEI Berlaku, Perangkat Ilegal Tak Akan Dapat Sinyal
Pengendalian IMEI untuk perangkat telekomunikasi jenis handphone, komputer genggam, dan komputer tablet diberlakukan pemerintah.