Mahfud Md Sebut Acara Rizieq Shihab Wewenang Anies Baswedan

Menkopolhukam Mahfud Md nyatakan acara Maulid Nabi dan pernikahan yang digelar Habib Rizieq Shihab adalah wewenang Gubernur DKI Anies Baswedan.
Menkopolhukam Mahfud Md nyatakan acara Maulid Nabi dan pernikahan yang digelar Habib Rizieq Shihab adalah wewenang Gubernur DKI Anies Baswedan. (foto: Media Indonesia/Pius Erlangga).

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md menyesalkan telah terjadi pelanggaran protokol kesehatan pada acara pesta pernikahan dan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta, Sabtu, 14 November 2020.

Menurut dia, dalam sepekan terakhir terjadi lonjakan kasus Covid-19 secara signifikan. Padahal, selama ini pemerintah telah berupaya mengendalikan pagebluk Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Namun, lanjutnya, acara keagamaan dan pernikahan di Petamburan, telah menunjukkan bukti pelanggaran secara nyata.

Sekali lagi penegakan protokol kesehatan di Ibu Kota merupakan kewenangan Pemprov DKI Jakarta.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun menyoroti, pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta. 

"Sekali lagi penegakan protokol kesehatan di Ibu Kota merupakan kewenangan Pemprov DKI Jakarta berdasarkan hierarki kewenangan dan peraturan perundangan," ujarnya.

Baca juga: Rizieq Shihab Didenda Rp 50 Juta, Anies Baswedan Cuma Pencitraan

Kata Mahfud, pemerintah telah memperingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kewenangannya untuk menindak pelanggaran protokol kesehatan dalam acara yang diselenggarakan Rizieq Shihab. 

Rizieq ShihabFerdinand Hutahaean: Pentolan FPI Habib Rizieq Shihab disebut tidak peduli Covid-19 namun Kepala BNPB Doni Monardo malah kirim masker. (foto: YouTube/Front TV).

"Pemerintah menyesalkan terjadi pelanggaran protokol kesehatan, di mana pemerintah sebenarnya telah memperingatkan Gubernur DKI untuk meminta penyelenggara mematuhi protokol kesehatan," ucapnya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, orang yang sengaja berkegiatan tanpa mengindahkan protokol kesehatan di tengah pandemi, jelas berpotensi menjadi pembunuh potensial terhadap kelompok yang rentan. 

Menurutnya, dalam 8 bulan terakhir ini pemerintah beserta elemen masyarakat telah mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk mengatasi virus menular yang telah memakan ribuan korban jiwa, ratusan tenaga kesehatan, baik dokter dan perawat.

Upaya-upaya itu telah menunjukkan hasil positif. Dalam datanya, telah tumbuh kesadaran diri dari masyarakat untuk memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan dengan sabun. 

Baca juga:  Satpol PP Benarkan, Rizieq Shihab dan FPI Didenda Rp 50 Juta

Bahkan dari data di seluruh dunia, kata Mahfud, Indonesia termasuk yang sangat baik dalam angka kesembuhan dan jumlah penduduk yang terinfeksi Covid-19 jauh di bawah rata-rata dunia. 

"Pelanggaran secara nyata dengan berkumpulnya ribuan orang sepekan terakhir ini bisa membuyarkan upaya delapan bulan terakhir," kata Mahfud Md. 

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjatuhi hukuman denda sebesar Rp 50 juta kepada Habib Rizieq Shihab dan Front Pembela Islam (FPI).

Hukuman denda tersebut diberikan berkaitan dengan penyelenggaraan pernikahan putri Rizieq, Sharifa Najwa Shihab dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 15 November 2020.

"Terhadap pelanggaran tersebut, Saudara dikenakan sanksi berupa DENDA ADMINISTRATIF sebesar Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah)," dalam surat yang ditandatangani Kepala Satpol PP Pemprov DKI Jakarta, Drs Arifin. []

Berita terkait
Aksi Saling Sindir Nikita Mirzani Vs Rizieq Shihab
Perseteruan antara Nikita Mirzani dengan Rizieq Shihab tampaknya makin memanas dengan aksi saling sindir.
Ferdinand Hutahaean Singgung Swab Test untuk Rizieq Shihab
Eks politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyinggung swab test Covid-19 untuk Habib Rizieq Shihab harus dilakukan juga di sini.
Doni Monardo Disebut Takut kepada Rizieq Shihab
Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai Kepala BNPB Doni Monardo takut kepada Habib Rizieq Shihab.
0
Myanmar di Ambang Perang Saudara Sejak Kudeta Militer
Eskalasi kekerasan dalam beberapa pekan terakhir yang melibatkan warga antikudeta mengindikasikan ancaman perang saudara