Mahfud MD: Berislam Itu Substantif Bukan Formalitas Simbolik

Mahfud MD merespons sekelompok orang yang ingin mendirikan negara Islam dengan berbagai aksi terornya di berbagai daerah Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. (Foto: Tagar/Inisiatifnews)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, ijtihad para ulama yang melahirkan Negara Indonesia, menjadi pembelajaran bahwa perjuangan Islam adalah perjuagan substansi, bukan perjuangan formal simbolik.

“Ibrahnya itu substantif. Persaudaraannya yang diperjuangkan, kedamaiannya, kesantunan dan kejujurannya. Itu merupakan satu cara dakwah yang baik,” ujar Menko Mahfud dikutip Minggu, 22 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, hal ini merespons sekelompok orang yang ingin mendirikan negara Islam dengan berbagai aksi terornya di berbagai daerah Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Mahfud memaparkan, Indonesia meski tidak pakai nama negara Islam Indonesia atau negara khilafah Indonesia, perjuangan substansi ajaran Islam telah dilakukan sejak Indonesia berdiri.

“Meski tidak pakai nama negara Islam, kita perjuangkan substansinya pakai substansi ajaran Islam, persaudaraan antar sesama manusia. Islam itu agama kemanusiaan, tidak memandang agama apapun, semua adalah saudara sesama manusia,” katanya. []

Baca Juga: Mahfud MD: Bangkitkan Optimisme di Momentum Tahun Baru Islam

Berita terkait
Mahfud MD: Kebebasan Pers Pasca Reformasi Miliki Landasan
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan kebebasan dan kemerdekaan pers di era pasca reformasi memiliki landasan yang semakin kuat.
Mahfud MD Sebut Pemerintah Siap Gelar PON XX di Papua
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah dan seluruh jajaran panitia siap menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.
Mahfud MD: Berita Bohong Jadi Ancaman yang Serius
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan berita bohong yang tersebar di media sosial merupakan ancaman serius yang perlu mendapat perhatian.
0
Mahfud MD: Berislam Itu Substantif Bukan Formalitas Simbolik
Mahfud MD merespons sekelompok orang yang ingin mendirikan negara Islam dengan berbagai aksi terornya di berbagai daerah Indonesia.