UNTUK INDONESIA
Madrid Kalah Lagi, Zidane Tetap Percaya Diri
Real Madrid kembali menelan kekalahan di laga pramusim ini. Meski demikian pelatih Zinedine Zidane tetap optimistis dengan timnya.
Real Madrid menelan kekalahan 0-1 dari Tottenham Hotspur di laga pramusim Piala Audi di Allianz Arena, Selasa 30 Juli 2019. Striker Tottenham Harry Kane saat mencetak gol ke gawang Madrid yang dikawal Keylor Navas. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Real Madrid kembali menelan kekalahan di pertandingan pramusim. Berlaga di turnamen Piala Audi di kandang Bayern Munich, Allianz Arena, Selasa 30 Juli 2019 malam, Madrid dikalahkan Tottenham Hotspur 0-1. 

Hasil yang mengecewakan karena ini menjadi kekalahan ketiga dari empat uji coba Madrid yang tidak diperkuat Gareth Bale sebelum mengarungi kompetisi La Liga Spanyol. Sebelumnya, Los Merengues dipermalukan rival satu kota, Atletico Madrid, di ajang International Champions Cup (ICC). 

Saat itu dalam duel di Stadion Metlife, New Jersey, Amerika Serikat, Atletico membantai Madrid 7-3. Kekalahan telah yang membuat fans Madrid mendesak pelatih Zinedine Zidane mundur sebagai pelatih. 

Saya tahu saya memiliki tim yang ekselen. Namun kami belum sepenuhnya siap. Kami segera bermain seperti yang selama ini saya harapkan. Kami yakin bisa meraihnya kembali. Yang kami butuhkan adalah satu kemenangan saja

Dari empat laga pemanasan itu, satu-satunya kemenangan diraih Madrid saat menghadapi Arsenal di ICC. Mereka menang adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal. 

Blunder Marcelo

Di laga melawan Tottenham di ajang Piala Audi, Madrid menyerah lewat gol tunggal striker Harry Kane. Gol kapten Tottenham ini tercipta di menit 22. Dirinya memanfaatkan blunder bek Marcelo yang sesungguhnya mengambil bola yang hampir keluar lapangan. Tendangannya mengarah ke area pertahanan sendiri.

Kane yang berdiri bebas segera menyongsong bola yang mengarah ke kiper Keylor Navas. Pemain belakang Madrid lainnya tidak menyangka bila Kane bergerak mengejar bola. Namun terlambat, kapten tim nasional Inggris ini sudah mendekati gawang dan melepaskan tendangan yang menaklukkan Navas. 

Meski timnya kembali kalah di uji coba, Zidane tak kecewa. Menurut dia apa yang diraih tim pertandingan pramusim menunjukkan bila mereka belum siap menghadapi kompetisi. Ini yang menjadikan dia tetap bekerja keras membenahi tim. Pelatih asal Prancis ini juga tetap percaya diri dengan tim yang ditanganinya.

"Saya selalu berpikir positif dan tak ada yang bisa mengambil apa yang sudah kami lakukan dari saya. Kami mengakhiri kompetisi yang berat di musim lalu dan kami mengawalinya dengan tidak mudah menjelang musim baru," kata Zidane. 

"Saya tahu saya memiliki tim yang ekselen. Namun kami belum sepenuhnya siap. Kami segera bermain seperti yang selama ini saya harapkan. Kami yakin bisa meraihnya kembali. Yang kami butuhkan adalah satu kemenangan saja," ujarnya lagi. 

Di pertandingan itu, Madrid melepaskan 22 tendangan ke gawang. Namun hanya dua yang mengarah sasaran meski gagal mencetak gol. Sebaliknya, Tottenham mencetak gol mudah akibat kesalahan pemain Madrid. 

Madrid pun beruntung tidak kebobolan banyak gol. Navas yang menggantikan Thibaut Courtois yang absen karena cedera engkel tampil gemilang melakukan beberapa penyelamatan gemilang sehingga terpilih sebagai Man of the Match. Performa gemilang kiper Kosta Rika ini dipuji Zidane. 

"Dia menunjukkan penampilan gemilang. Ini menunjukkan tidak ada pemain yang mendapat jaminan menjadi starter di tim ini. Dan, mereka sudah menyadari dan siap akan hal itu," kata Zidane lagi. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Mahfud MD Penuhi Panggilan Presiden Jokowi ke Istana
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD datang ke Istana Negara mengenakan kemeja putih 09.34, Senin, 21 Oktober 2019.