UNTUK INDONESIA
Lustrum ke-14 SMA Muha Yogyakarta Secara Virtual
Beragam kegiatan dalam Lustrum ke-14 SMA Muhammadiyah Yogyakarta digelar secara virtual. Berikut ragam kegiatan memperingati 70 tahun sekolah ini.
Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Dua Yogyakarta memberikan sambutan saat pembukaan rangkain kegiatan Lustrum ke-14 SMA Muha di sekolah setempat, Senin, 31 Agustus 2020. (Foto: Dokumentasi SMA Muha/Tagar)

Yogyakarta - Lustrum ke-14 SMA Muhammadiyah Dua (Muha) Yogyakarta bertajuk 70 Tahun Muha Mengukir Prestasi, Peduli untuk Negeri akan digelar secara virtual mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Termasuk puncak lustrum pada 2 Oktober 2020 nanti di mana digelar Tabligh Akbar oleh Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nasir.

"Semua rangkain kegiatan lustrum digelar virtual, termasuk Tabligh Akbar. Nanti Ketua PP Muhammadiyah tetap berada kediamannya, lalu beliau akan membuka secara virtual juga," papar Ketua Panitia Fatma Taufiyanti saat jumpa pers, Senin, 31 Agustus 2020.

Fatma mengatakan untuk Pembukaan Lustrum Ke-14 secara virtual live streaming YouTube dengan nama Muhacom yakni Muhammadiyah Dua Annual Competition di mana ajang ini terdiri dari kompetisi eksternal dan internal. Untuk Muhacom lomba eksternal dengan sasaran para pelajar SMP atau sederajat tingkat nasional.

Selain itu kami juga gelar baksos dengan sasaran panti asuhan Muhammadiyah.

Enam bidang lomba antara lain Cover lagu Islami, DIY (Do It Your Self) Video Competition, poster, fotografi, news reading dan qiroah. Sedangkan untuk kompetisi internal dengan bidang lomba yang sama khusus ditujukan kepada siswa-siswi SMA Muha.

"Selain itu kami juga gelar baksos dengan sasaran panti asuhan Muhammadiyah, lalu ada bantuan kuota bagi siswa-siswi SMP Muhammadiyah yang kurang mampu di mana diambil 7 sekolah dengan masing-masing sekolah dibagikan untuk 10 siswa sebesar Rp 100 ribu per siswa. Kemudian ada bagi-bagi sembako, masker dan APD," ungkapnya.

Guru mata pelajaran kimia ini mengungkapkan, terkait dengan tema 70 tahun Muha Mengukir Prestasi, Peduli untuk Negeri, divisualisasikan melalui logo angka 14 berwarna dasar emas dan biru. 

Warna emas menandakan sebagai semangat mengukir prestasi selama 70 tahun berdirinya SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Warna emas berdampingan dengan warna biru yang melambangkan kedamaian dan kepedulian SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada negeri.

"Tema ini juga divisualisasikan dari bentuk angka 14, dan 3 bentuk kokoh bidang vertical dengan ujung meruncing melambangkan 70 tahun Muha telah berdiri untuk mengukir prestasi. Bendera yang mengikat pada angkat 4 melambangkan SMA Muha peduli untuk negeri," tutur Fatima. []

Berita terkait
Dalang Tiga Negara di Pagelaran Wayang Kulit Virtual
Dalang tiga negara tampil dalam pagelaran wayang kulit bertajuk Lakon Semar Bangun Jagat. Dalang berasal dari Indonesia, USA, Perancis.
Upacara HUT RI Virtual di Mata ASN di Yogyakarta
Tahun upacara HUT Kemerdekaan RI berlangsung berbeda dibanding sebelumnya.
PUPR Luncurkan Pameran Virtual Infrastruktur
Kementerian PUPR meluncurkan pameran virtual infrastruktur Digital Expo 75 Tahun PUPR Sigap Membangun Negeri.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.