Indonesia
Lupakan Liga, Persija Fokus Final Piala Indonesia
Persija Jakarta membidik kemenangan di final pertama Piala Indonesia melawan PSM Makassar di Jakarta, Minggu 21 Juli 2019.
Striker Persija Jakarta Marko Simic membidik kemenangan di final pertama Piala Indonesia melawan PSM Makassar di Jakarta, Minggu 21 Juli 2019. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Persija Jakarta terpuruk di kompetisi Liga 1, namun mereka justru meraih sukses di Piala Indonesia. Sukses melangkah ke final, Persija bertemu lawan tangguh, PSM Makassar. Tim asuhan Julio Banuelos pun sepenuhnya fokus menghadapi PSM di final pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 21 Juli 2019. 

Persija mengalami penurunan sejak terakhir kali mengalahkan PSS Sleman di kompetisi domestik. Dari tiga pertandingan sebelumnya, Macan Kemayoran hanya meraih dua poin setelah ditahan Borneo FC dan Persib Bandung dengan skor sama 1-1. Selanjutnya, mereka dipaksa menyerah 3-5 oleh PS Tira Persikabo. 

Hasil buruk itu mengakibatkan Persija terdampar di zona merah. Mereka menduduki peringkat 17 atau satu strip di atas penghuni dasar klasemen, Semen Padang. Ini yang menjadikan Persija memilih melupakan liga dan fokus menghadapi PSM. Apalagi juara Piala Indonesia mendapat tiket ke Piala AFC musim depan. 

Penting memenangkan laga final pertama ini. Jadi kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan kemenangan. Bila target tercapai ini memudahkan jalan menuju juara

Tampil sebagai tuan rumah pertama dari final dengan sistem home and away, Persija ingin memaksimalkannya meraih kemenangan. Pelatih Banuelos mengatakan kemenangan di laga pertama menjadi modal berharga Persija untuk merengkuh trofi. Pasalnya, langkah Marko Simic dkk bakal lebih ringan saat melakoni laga kedua final yang digelar di kandang PSM. 

"Penting memenangkan laga final pertama ini. Jadi kami sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mendapatkan kemenangan. Bila target tercapai ini memudahkan jalan menuju juara," ujar Banuelos. 

Tidak Menurunkan Skuat Terbaik

Hanya, Banuelos tidak bisa menurunkan skuat terbaik menyusul absennya kiper Andritany Ardhiyasa yang masih menjalani proses pemulihan usai cedera patah tangan. Selain kehilangan kiper utama, tuan rumah tidak diperkuat Ramdani Lestaluhu dan Steven Paulle yang belum sembuh dari cedera. 

"Disayangkan mereka tidak bisa tampil. Pasalnya mereka sangat ingin bermain di final. Kalau pemain pengganti kami tidak ada masalah. Semua pemain sudah siap tampil. Namun saya hanya akan menurunkan yang terbaik," kata pelatih asal Spanyol ini. 

Keyakinan meraih kemenangan di laga pertama final juga disampaikan Simic. Menurut dia tim ingin mengulang sukses di musim lalu saat mereka mampu meraih tiga gelar, termasuk Piala Presiden dan Liga 1. Dan, Simic ingin melengkapi trofi juara dengan memenangi Piala Indonesia. 

"Kami akan berjuang keras untuk menang. Persija ingin meraih gelar juara Piala Indonesia," tutur dia. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Dinpar Beri Bantuan Khusus Pariwisata di Sumbar
Dinas Pariwisata Sumatera Barat (Sumbar) memberikan 40 persen bantuan keuangan khusus Pariwisata Sumbar.