Luhut: Sebar Berita Bohong Soal Covid-19 Disanksi

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan ada sanksi bagi penyebar hoaks atau berita bohong khususnya terkait informasi Covid-19 kepada masyarakat.
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Tagar/Setneg)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus koordinator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan ada sanksi bagi penyebar hoaks atau berita bohong, khususnya terkait informasi Covid-19.

“Pemberitaan palsu atau hoaks akan ada tindakan yang sesuai dengan ketentuan berlaku,” kata Luhut dalam konferensi video, Kamis, 1 Juni 2021.


Saya ingatkan kepada kita semua jangan bermain-main dengan berita hoaks karena ini menyangkut dengan kemanusiaan.


Luhut mengatakan informasi palsu terkait Covid-19 yang beredar berpotensi akan mengakibatkan meninggalnya orang lain. Khususnya bagi mereka yang tengah terinfeksi Covid-19 namun menerima informasi salah.

“Saya ingatkan kepada kita semua jangan bermain-main dengan berita hoaks karena ini menyangkut dengan kemanusiaan,” ujar Luhut.

Ia juga mengimbau semua pemuka di daerah hingga tingkat RT/RW untuk memberikan edukasi yang tepat dalam menyikapi pandemi Covid-19. Terlebih dalam penerapan protokol kesehatan di saat kasus Covid-19 di Indonesia tengah meningkat signifikan.

Bagi masyarakat yang masih menyepelekan Covid-19 dan tidak mematuhi protokol kesehatan, Luhut mengatakan akan ada sanksi yang diberikan kepada siapa pun yang melakukannya.

“Kami imbau kepada semua pemuka di daerah menyampaikan ini berbahaya. Akan dibuat sanksi yang mendidik buat mereka,” ucapnya. []

Berita terkait
Menko Luhut Tinjau Ibu Kota Baru di Maluku Utara
Menko Luhut beserta rombongan adalah untuk melihat kondisi infrastruktur Sofifi. Pengembangan itu dimuat dalam RPJMN 2020-2024
Menko Luhut: Nikel RI Punya Posisi Tawar yang Kuat
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dengan ini, Indonesia punya bargaining position yang kuat.
Hari Laut Sedunia, Menko Luhut: Jangan Diam Saja Liat Laut Jadi Tempat Sampah
Menko Luhut menyampaikan bahwa kita tidak bisa hanya berdiam diri dan melihat lautan menjadi tempat pembuangan sampah.
0
Luhut: Sebar Berita Bohong Soal Covid-19 Disanksi
Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan ada sanksi bagi penyebar hoaks atau berita bohong khususnya terkait informasi Covid-19 kepada masyarakat.