Luhut Minta Suporter Bola Tak Datang Saat Pembukaan Liga 1

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta para suporter klub-klub sepak bola untuk tidak datang ke stadion saat pembukaan Liga 1 Indonesia.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. (Foto: Tagar/Dok Maritim)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta para suporter klub-klub sepak bola untuk tidak datang ke stadion saat pembukaan pertandingan Liga 1 Indonesia.

"Saya minta para suporter untuk tidak datang ke stadium atau melakukan aktivitas nonton bareng. Mari kita mendukung klub masing-masing dan menikmati jalannya pertandingan dari rumah saja," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, 23 Agustus 2021. 

Dalam kesempatan itu ia mengatakan bahwa dalam pelaksanaan PPKM ke depan, pemerintah akan melakukan uji coba protokol kesehatan dalam pertandingan sepak bola Liga 1 yang akan berlangsung pada 27-29 Agustus 2021.


Saya mohon pengertian masyarakat juga mengenai ini kita melakukan betul-betul pelonggaran ini dengan bertahap bertingkat dan berlanjut karena kalau tidak terjadi nanti outbreak lagi yang kita semua tutup yang akan merugikan kita semua.


Pertandingan Liga 1 akan dilakukan di Jakarta tanpa penonton dengan maksimal tiga pertandingan. Sama halnya, kata Luhut, dengan pusat perbelanjaan, mal, dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan melalui penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

"Saya mohon pengertian masyarakat juga mengenai ini, kita melakukan betul-betul pelonggaran ini dengan bertahap, bertingkat, dan berlanjut, karena kalau tidak terjadi nanti outbreak lagi yang kita semua tutup yang akan merugikan kita semua," ujar Luhut.

Kompetisi sepak bola teratas nasional Liga 1 Indonesia 2021-2022 secara resmi diluncurkan pada 12 Agustus 2021. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan pemerintah akan mengawasi ketat Liga 1 Indonesia 2021-2022 dan Liga 2021 yang akan segera bergulir bulan ini.

Pengawasan tersebut sudah disetujui oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI. Ketika nantinya terdapat pelanggaran, pemerintah akan berkoordinasi dengan PSSI dan LIB agar menerapkan sanksi yang sesuai.

Sementara, di luar pertandingan, Menpora menyerahkan pengawasan sepenuhnya kepada Polri. Pihak kepolisian menjadi garda terdepan dalam memantau pergerakan suporter ke stadion, kegiatan nonton bareng atau aktivitas lain yang menyebabkan kerumunan.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 direncanakan berlangsung mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022. Kompetisi tersebut digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Untuk format pelaksanaan Liga 1 2021-2022 tidak berubah dari rencana semula, yaitu digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa. []


Berita terkait
Luhut: Strategi Penanggulangan Covid-19 Dilakukan Bertahap
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar mengatakan strategi yang disusun untuk penanggulangan Covid dilakukan bertahap.
Disuruh Luhut untuk Duduk Manis Seperti BJ Habibie, SBY Bereaksi
Luhut Binsar Pandjaitan meminta Susilo Bambang Yudhoyono sebagai mantan presiden duduk manis seperti BJ Habibie, tidak usah merasa lebih hebat.
Menko Luhut Minta Pemda Bujuk Pasien ke Isolasi Terpusat
Tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo Raya dan provinsi DI Yogyakarta masih meningkat. Pemda diimbau ajak pasein ke isolasi terpusat.
0
Luhut Minta Suporter Bola Tak Datang Saat Pembukaan Liga 1
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta para suporter klub-klub sepak bola untuk tidak datang ke stadion saat pembukaan Liga 1 Indonesia.