UNTUK INDONESIA
Luhut: Danau Toba Dapat Kucuran Rp 4 Triliun Tahun 2020
Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan kawasan Toba Caldera Resort di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.
Para pejabat negara dan pejabat daerah saat peresmian Caldera Resort di di Sibisa, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin 14 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Alex)

Toba Samosir - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan kawasan Toba Caldera Resort di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin 14 Oktober 2019.

Selain penandatanganan prasasti, peresmian ini juga dirangkai dengan berbagai kegiatan, seperti penanaman pohon dan ground breaking atau peletakan batu pertama.

"Jadi ini bagian dari program Pak Jokowi untuk mewujudkan Danau Toba sebagai lokasi wisata internasional. Jadi nanti akan dibangun ground breaking, ini akan seperti glamour camp. Tadi kata Pak Arief (Menteri Pariwisata) mudah-mudahan ini bisa selesai enam bulan ke depan," kata Luhut.

Ini pertama dalam sejarah, Danau Toba mendapat kucuran dana hingga Rp 4 triliun lebih dalam satu tahun anggaran

Selain Luhut, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi serta para bupati se-kawasan Danau Toba juga hadir.

Namun hal yang terlihat dibanggakan dan dielu-elukan adalah kehadiran para investor yang turut hadir memantau perkembangan pengembangan kawasan wisata di zona otorita Danau Toba.

Para investor tersebut nantinya akan berinvestasi di lokasi tersebut dengan mendirikan resort dan hotel.

Luhut sendiri mengatakan, bahwa tahun mendatang pemerintah pusat akan mengucurkan dana hingga Rp 4 triliun lebih ke Danau Toba yang terbagi dalam beberapa kementerian.

Anggaran besar tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan insfrastruktur seperti jalan, Bandara Sibisa, pelabuhan, kapal roro dan juga untuk hal yang lain.

"Ini pertama dalam sejarah, Danau Toba mendapat kucuran dana hingga Rp 4 triliun lebih dalam satu tahun anggaran, yakni tahun 2020. Jadi kita harus bersyukur," ujar Luhut.[]

Berita terkait
Polisi Gelar Pesta di Parapat Danau Toba
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Adrianto secara resmi membuka Poldasu Toba Lake Fiesta (PTLF) di Pantai Bebas, Parapat.
Danau Toba dan 4 Wisata Indonesia Mirip di Luar Negeri
Danau Toba ternyata memiliki kembaran di luar negeri. Selain itu, ada beberapa lagi tempat wisata yang memiliki kemiripan.
Adian Napitupulu di Balige, Bicara Danau Toba dan Arab
Adian bersama Basar Simanjuntak menggelar acara diskusi bertajuk Kita Apainlah Danau Toba Ini.
0
IPK Dairi Janji Berkarya Nyata dan Tidak Arogan
Dua ribu lebih massa menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.