UNTUK INDONESIA
Lucinta Luna dan 11 Artis Terjerat Kasus Narkoba
Berikut ini Tagar rangkumkan nama-nama sederet artis yang belakangan tersandung kasus narkoba, mulai dari pemakai hingga pengedar.
Nunung dan suaminya July Jan Sambiran keluar dari ruang persidangan seusai pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/11/2019). (Foto: Antara/Laily Rahmawaty)

Jakarta - Artis Lucinta Luna ditangkap polisi atas kasus dugaan kepemilikan dan penyalahgunaan narkoba di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Pusat pada Selasa, 11 Februari 2020 kemarin. Hal ini menambah panjang daftar seloebriti yang terjerat kasus narkotika.

Sebelumnya, deretan artis dan pesohor kedapatan menggunakan narkoba saat berada di puncak karir. Sebagian lain, justru tersangkut kasus penyalahgunaan narkotika saat ia telah jauh dari hingar-bingar dunia hiburan.

Berikut ini Tagar rangkumkan nama-nama sederet artis yang belakangan tersandung kasus narkoba, mulai dari pemakai hingga pengedar.

1. Lucinta Luna

Selebgram atau orang yang populer di media sosial Lucinta Luna diamankan polisi karena dugaan kasus penyalahan narkoba pada Selasa, 11 Februari 2020. Dari hasil penggeledahan polisi di apartemen Thamrin City, Jakarta, ditemukan sejumlah barang bukti berupa obat-obatan jenis riklona, tramadol di dalam tas milik penyanyi dangdut itu

Selain itu, polisi juga menemukan tiga butir ekstasi di dalam keranjang sampah di apartemen tersebut. Dari hasil tes urine, polisi memastikan bahwa Lucinta Luna positif menggunakan obat-obatan terlarang jenis Benzo.

2. Nanie Darham

Pemain film Air Terjun Pengantin, Nanie Darham ditangkap polisi atas dugaan sebagai pengedar narkotika jenis kokain. Dari tangan tersangka Nanie, polisi menyita barang bukti berupa ekstasi hingga sabu pada Senin, 10 Februari 2020.

Nanie ditangkap polisi di sekitar apartemen di lantai 7 Setiabudi. Dari penangkapan ditemukan 1 butir ekstasi hingga sabu 0,88 gram.

3. Rio Reifan

Aktor sinetron Rio Reifan divonis 1 tahun 8 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Bekasi, Jawa Barat atas kasus penyalahgunaan narkoba berjenis sabu.

Rio ditangkap pada Agustus 2019 dan ini bukan yang pertama kalinya tersandung masalah narkoba. Pada Januari 2015, ia pernah ditangkap untuk pertama kalinya karena narkoba. Alih-alih kapok, ia justru tertangkap kembali karena kasus narkoba pada Agustus 2017.

Nunung

Nunung juga menyampaikan terima kasih kepada penyidik Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya yang telah menangkap dirinya atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

4. Nunung

Komedian Nunung alias Tri Retno Prayudati ditangkap atas penyalahgunaan narkoba bersama sang suami, July Jan Sambiran, saat berada di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Jumat, 19 Juli 2019. Keduanya positif menggunakan narkoba.

Polisi juga menemukan narkotika jenis sabu-sabu sebagai barang bukti. Sementara dalam keterangannya, Nunung mengaku sudah mengonsumsi barang terlarang itu sejak 20 tahun lalu.

5. Jefri Nichol

Aktor muda yang sedang naik daun ini kedapatan menggunakan ganja. Saat ditangkap, Nichol sedang proses persiapan film biopik Ellyas Pical The Exocet. Nichol juga baru menyelesaikan syuting Habibie & Ainun 3.

Polisi menggeledah rumah Nichol di Kemang, Senin, 22 Juli 2019 malam dan menemukan 6.01 gram ganja di dalam kulkas. Nichol kemudian dibebaskan bersyarat pada Desember 2019 bertepatan dengan diluncurkannya film Habibie & Ainun 3.

Selama masa pembebasan bersyarat, Nichol mengaku akan selalu didampingi oleh perawat dari RSKO sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Selain itu, ia juga diwajibkan untuk melapor tiap dua minggu sekali.

6. Ammar Zoni

Suami Irish Bella ini juga pernah menggegerkan publik karena kasus narkoba pada Juli 2017 lalu. Saat itu karirnya sedang bersinar karena sinetron 7 Manusia Harimau dan Anak Jalanan.

Dalam penangkapannya, Ammar kedapatan memiliki narkoba jenis ganja yang disimpan dalam toples kaca dengan berat 39,1 gram.

7. Steve Emmanuel

Steve Emmanuel dituntut oleh Jaksa Penuntut Imum (JPU) dengan 13 tahun hukuman penjara. Steve ditangkap karena kepemilikan kokain seberat 92,04 gram di lobi apartemen Kintamani, Mampang Prapatan pada 21 Desember 2018.

8. Roro Fitria

Roro ditangkap di kediamannya di kawasan Ragunan pada 15 Februari 2018. Dia kedapatan memiliki 2,4 gram sabu seharga Rp4 juta. Karena kasus ini, Roro mendapat vonis empat tahun penjara dipotong masa tahanan dan denda sebesar Rp800 juta oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

9. Fachri Albar

Putra rocker Ahmad Albar kedapatan menyalahgunakan narkoba pada Februari 2018. Dalam penangkapannya, terdapat barang bukti satu, satu bungkus klip sabu seberat 0,32 gram, satu calmlet, 13 dumolid dan alat hisap sabu.

Ini bukan kali pertama Fachri berurusan dengan barang haram. Tahun 2007 silam, ia sempat menyerahkan diri ke BNN karena kepemilikan 0,3 gram kokain.

Zul Zivilia

Zul Zivilia dituntut hukuman penjara seumur hidup dalam kasus kepemilikan narkoba yang menjeratnya. (Foto: Antara/Rivan Awal Lingga/ama.)

10. Zul Zivilia

Vokalis grup band Zivilia ini kedapatan memiliki narkotika jenis sabu sebanyak 9,5 kilogram dan 24.000 butir pil ekstasi. Pemilik nama asli Zulkifli itu ditangkap di apartemen Gading River View, Kelapa Gading pada Maret 2019.

Polisi menyebut bahwa Zul bukan hanya pengguna, namun juga bagian dari jaringan pengedar narkotika kelas berat. Pelantun Aishiteru itu kemudian terancam hukuman pidana mati, pidana seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun serta denda paling sedikit Rp 1 miliar, paling banyak Rp 10 miliar.

11. Fariz RM

Penyanyi senior Fariz Roestam Moenaf ditangkap pada Agustus 2018 di rumahnya karena menyimpan dua klip sabu-sabu beserta alat penghisapnya. Penangkapan tersebut adalah kali ketiga setelah Fariz RM ditangkap pada 2007 dan 2015 akibat penyalahgunaan sabu-sabu, heroin dan ganja.

Baca juga: Lucinta Luna di KTP Perempuan, di Paspor Laki-laki

12. Jennifer Dunn

Jennifer ditangkap di kediamannya di kawasan Mampang Prapatan saat malam tahun baru 2018. Perempuan yang akrab disapa Jedun ini kedapatan memiliki narkoba berupa sabu seberat 1 gram.

Dalam kasus ini, Jedun mendapat vonis 10 bulan penjara pada 23 Agustus 2018. Padahal sebelumnya dia dituntut 4 tahun penjara dan denda Rp800 juta. []

Berita terkait
Lucinta Luna Bakal Ditahan 20 Hari di Sel Khusus
Pedangdut Lucinta Luna akan ditahan selama 20 hari ke depan di Rutan Polda Metro Jaya atas kasus narkoba yang menjeratnya.
Deretan Aksi Kontroversial Lucinta Luna
Lucinta Luna kerap menunjukkan aksi yang menimbulkan kontroversi ke hadapan publik dan masih ada beberapa aksi kontroversial lainnya.
Bongky BIP Dukung Penuh Wacana Ekspor Ganja
Bongky BIP mendukung penuh wacana legalisasi dan ekspor ganja yang digelindingkan oleh anggota Komisi VI DPR RI Rafli Kande
0
Ricuh Eksekusi Lahan di Maluku Tengah
Eksekusi lahan di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis 5 Maret 2020, berakhir ricuh. Dua polisi luka terkena lemparan batu