Lindungi Informasi dan Transaksi Elektronik, Waskita Karya Gandeng BSSN

Waskita Karya menjalin kerja sama dengan BSSN untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik juga untuk pengamanan teknologi dan komunikasi.
Gedung Waskita Karya. (Foto:Tagar/Waskita Karya)

Jakarta - PT Waskita Karya (WSKT), menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait keamanan perlindungan informasi dan transaksi elektronik. Kerja sama itu, ditandai penandatanganan MoU dan PKS di Gedung Waskita Heritage, Cawang, Jakarta, Rabu, 5 Mei 2021.

Penandatanganan ini, dilakukan oleh President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Destiawan Soewardjono dan Kepala BSSN, Hinsa Siburian. Destiawan menegaskan, baik Waskita maupun BSSN akan dapat keuntungan lewat kerja sama ini.

Waskita Karya adalah BUMN Karya pertama yang akan menggunakan e-Sign dari BSSN. Bagi Waskita, hadirnya e-Sign ini sebagai sarana untuk mendukung kegiatan kebiasaan baru dan proses percepatan administrasi.

“Ada lima yang bisa kedua belah pihak manfaatkan dari nota kesepahaman ini, pertama, pemanfaatan sertifikat elektronik untuk meningkatkan keamanan transaksi elektronik, kemudian yang kedua, pengamanan teknologi dan komunikasi. Lalu, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki serta pertukaran informasi dan pemanfaatan lain yang telah disepakati,” tutur Destiawan berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Senin 24 Mei 2021.

Destiawan menyebutkan, nota kesepahaman ini akan berlaku selama lima tahun dan bisa diperpanjang sesuai dengan kesepakatan. Dengan adanya nota kesepahaman ini, apabila ada transaksi elektronik yang dilakukan oleh Waskita maka akan aman dan terlindungi.

Waskita KaryaGedung Waskita Karya. (Foto:Tagar/Waskita Karya)

“Perlu diketahui bahwa Waskita Karya adalah BUMN Karya pertama yang akan menggunakan e-Sign dari BSSN. Bagi Waskita, hadirnya e-Sign ini sebagai sarana untuk mendukung kegiatan kebiasaan baru dan proses percepatan administrasi. Di Indonesia penyedia layanan digital certificate untuk digital signature ini di regulasi ada 6 yang diakui oleh Kominfo salah satunya BSSN,” sebut Destiawan.

Lebih lanjut, Destiawan menerangkan bahwa bagi Waskita layanan ini juga bermanfaat untuk e-Office yang akan dibangun, bisa juga dimanfaatkan pada Waskita Employee Self Service Technology (WEST) serta untuk penggunaan aplikasi pengadaan (e Procurement) Waskita.

“Melalui aplikasi ini maka kelak tim pengadaan dan vendor seluruh dokumen yang terkait dengan proses pengadaan dapat diproduksi secara digital dan ditandatangani juga dengan digital,” tegas Destiawan.

Turut hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman ini Director of Finance & Risk Management PT Waskita Karya Taufik Hendra Kusuma, SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya Ratna Ningrum, SVP IT Division PT Waskita Karya Purma Yose Rizal, dan SVP Legal Division PT Waskita Karya Novianto Ari Nugroho.

Hadir pula Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak, Deputi bidang Proteksi BSSN, Akhmad Toha, Direktur Proteksi Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional BSSN, Nur Achmadi Salmawan, Kepala Biro Hukum dan Humas BSSN, Chrisyanto Noviantoro, dan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN, Rinaldy. []

Berita terkait
Waskita Karya Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 2021 Secara Virtual
Waskita Karya mengadakan halal bihalal Idul Fitri 2021 secara virtual. Direktur Utama Destiawan dan Komisaris Utama Badrodin menyampaikan sambutan.
Waskita Karya: Terima Kasih dan Selamat Jalan Viktor Sirait
Perusahaan BUMN bidang konstruksi Waskita Karya menyelenggarakan acara pisah sambut board of commissioners dan board of directors.
Waskita Karya Serah Terima ISO 19650 BIM dan ISO 31000 Manajemen Resiko
Waskita Karya telah melaksanakan serah terima ISO 19650 terkait Building Information Modelling dan ISO 31000 terkait Manajemen Risiko.
0
MAKI Daftarkan Uji Materi soal TWK Pegawai KPK ke MK
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia mengajukan uji materi soal tes wawasan kebangsaan pegawai KPK ke Mahkamah Agung yang saat ini menjadi polemik.