UNTUK INDONESIA
Lima Wisata Minangkabau Kampung Halaman Nadiem Makarim
Kampung halaman Pendiri Gojek Nadiem Makarim di Minangkabau Sumatera Barat, terdapat sejumlah tempat wisata yang sangat indah.
Pantai Nirwana Padang, Sumatera Barat. (Foto: Instagram/@mhmd.alfariz)

Jakarta - Pendiri Gojek Nadiem Makarim memiliki darah Minangkabau dari sang kakek. Tahukah kamu di kampung halamannya tersebut, ternyata menyuguhkan keindahan panorama alam hingga tempat wisata yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Berikut Tagar rangkum sejumlah wisata Minangkabau yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Pantai Padang

Pantai Padang ini menyuguhkan pasir berwarna coklat. Saat berada di objek wisata tersebut, kamu bisa berjemur, berenang hingga berselancar.Pantai PadangPantai Padang atau populer dengan sebutan Taplau adalah sebuah pantai yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat. (Foto: Instagram/@adhityaprnm)


Pantai Padang ini menyuguhkan pasir berwarna coklat. Saat berada di objek wisata tersebut, kamu bisa berjemur, berenang hingga berselancar.

Untuk dapat berkunjung ke pantai ini para wisatawan tidak dipungut biaya. Lokasinya mudah dijangkau, hanya satu kilometer dari Pasar Raya Padang.

Bagi para wisatawan yang haus akan pemandangan, dapat menikmatinya dari atas kendaraan dengan berkendara dari depan LP Muaro menuju arah Taman Muaro Lasak di Purus sepanjang empat kilometer.

2. Danau Singkarak

Danau SingkarakDanau Singkarak, salah satu wisata yang ada di Sumatera Barat. (Foto: Instagram/@bismoaryow)

Danau terluas kedua di pulau Sumatra ini memiliki daya tarik yang memikat. Terlihat hamparan air dengan pemandangan perbukitan hijau di tepian danau.

Danau Singkarak memiliki luas kurang lebih 11.200 hektar, dengan panjang 20 kilometer, dan memiliki kedalaman 268 meter.

Pada tahun 1992, pemerintah membangun PLTA Singkarak dan terowongan air sepanjang 19 kilometer. Terowongan yang panjang ini menembus bukit barisan.

Danau Singkarak yang mudah dijangkau, yang hanya 70 kilometer dari kota Padang. Objek wisata ini terletak di antara Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. 

Mengunjungi tempat wisata ini, pastinya tak akan membuat wisatawan menyesal. Karena di sana kamu mendapatkan keindahan alam yang luar biasa sambil mengabadikan foto-foto cantik dengan latar belakang pemandangan yang memukau. 

3. Pantai Air Manis

Pantai Air ManisPantai Air Manis, salah satu objek wisata yang ada di Padang, Sumatera Barat. (Foto: travelingyuk.com)

Pantai air manis, salah satu kawasan wisata di padang yang sangat terkenal. Selain menyuguhkan keindahan eksotis, juga dikenal dengan batu Malin Kundang.

Kombinasi alam dan cerita khas masyarakat Padang memberikan daya pikat tersendiri. Banyak wisatawan yang penasaran akan bentuk dari batu Malin Kundang.

Untuk pertama kali menginjakan kaki, para wisatawan disuguhkan hamparan pasir putih nan megah. Letak wisata tersebut kurang lebih 110 kilometer dari pusat kota Padang, lebih tepatnya berada di kecamatan Kota Padang.

4. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana PadangPantai Nirwana Padang, Sumatera Barat. (Foto: Instagram/@mhmd.alfariz)

Pantai ini memiliki warna pasir yang kontras, sehingga membuat mata tak ingin terpejam.

Dari bibir pantai para wisatawan dapat menyaksikan kapal penumpang dan kapal dagang yang sedang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur. Di pesisir pantai di kelilingi pohon kelapa yang semakin membuat suasana di kawasan pantai menjadi sejuk dan sangat romantis.

Ketika air surut, terlihat batu karang dan koral yang berhamburan di sepanjang pantai. Hal itu membuat kesan menarik bagi para Fotografer yang hendak menangkap keindahan objek wisata itu.

5. Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek PadangAir Terjun Tigo Tingkek, Padang, Sumatera Barat. (Foto: wikipedia.org/desrian)

Wisata air terjun Tigo Tingkek terletak di kawasan Kota Padang, tepatnya di kaki Bukit Barisan.   

Tempat ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk para wisatawan yang punya hobi menantang air yang dingin dan udara sejuk, di tempat inilah kamu bisa kunjungi.

Mengunjungi destinasi ini tentu tidak akan rugi. Setelah melalui perjalanan yang terjal, rasa lelah bisa terobati dengan adanya keindahan alam yang tersuguhkan di tempat tersebut. 

Keindahan pemandangannya bisa menghilangkan kepenatan dari segala padatnya kesibukan pekerjaan.

Tinggi dari air terjun Tigo Tingkek sekitar 1080 meter. Dari namanya saja bisa diketahui, kalau air ini memiliki  tiga tingkatan yang cantik. Dengan pemandangan wisata tersebut membuat para wisatawan ingin selalu berkunjung ke daerah tersebut. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Pernyataan Resmi Gojek Nadiem Makarim Jadi Menteri
Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita bangga dengan pencapaian CEO Gojek Nadiem Makarim yang akhirnya masuk di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi.
Lima Wisata Cilacap Jawa Tengah Terpopuler
Berbicara soal wisata, Cilacap juga memiliki sejumlah tempat wisata yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung.
Pulau Labengki dan Empat Wisata Eksotis Kota Kendari
Ibu Kota dari Sulawesi Tenggara memiliki potensi wisata yang sangat memukau, salah satunya adalah Pulau Labengki.
0
Dua Titik Rawan Kecelakaan di Jeneponto
Ada dua titip rawan kecelakaan di Jeneponto menjadi pusat perhatian pemkab, Jasa Raharja dan kepolisian yakni di Jalan Poros Paccelang dan Karamaka