UNTUK INDONESIA
Curug Cigangsa dan Empat Wisata di Sukabumi
Sukabumi memiliki segudang pesona wisata menakjubkan yang wajib untuk dikunjungi.
Curug Cigangsa adalah objek wisata yang berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Jakarta - Sukabumi memiliki segudang pesona wisata menakjubkan yang wajib untuk dikunjungi, ketika sudah menginjakkan kaki ke daerah tersebut. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai sejumlah wisata di Sukabumi yang patut dijelajahi. 

1. Kawah Ratu

Kawah RatuKawah Ratu, objek wisata yang ada di Sukabumi. (Foto: Instagram/@titahayunir)

Bagi para trekking di Sukabumi, mungkin sudah sangat familiar dengan objek wisata yang satu ini. Kawah Ratu memiliki pemandangan alam eksotis  yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat ini. 

Ada 3 jalur utama untuk mencapai lokasi Kawah Ratu. Jalur pertama di Gunung Bunder yang bisa dilalui dari Pasir Renggit dengan estimasi trek berkisar 3-4 kilometer atau 2-3 jam jarak tempuh perjalanan.

Lalu jalur kedua masih di Gunung Bunder, namun melalui Curug Seribu dengan estimasi trek 4-6 kilometer. Dan jalur terakhir dari bumi perkemahan Cidahu-Sukabumi dengan estimasi trek berkisar 4-5 kilometer.  

Berkunjung ke Kawah Ratu ini, kamu dapat berburu foto dengan pemandangan indah yang ditawarkan di lokasi wisata tersebut. 

2. Danau Batu Bacan

Danau Batu BacanDanau Batu Bacan adalah objek wisata yang terletak di Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Instagram/@sukabumi_)

Objek wisata ini terletak di Bojong, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Awalnya, danau ini adalah bekas tambang yang terisi dengan air hujan.

Namun, seiring berjalannya waktu area bebatuan sekitar danau berubah warna menjadi kehijauan. Dengan kondisi alam yang demikian, menjadi daya tarik  wisatawan untuk berswafoto sambil menikmati keindahan sekelilingnya. 

3. Gua Buniayu

Gua BuniayuGua Buniayu, Salaha satu objek wisata yang ada di Sukabumi. (Foto: gloob-online.com)

Sebelum dikenal dengan nama Buniayu, gua ini lebih dikenal dengan Gua Cipicung atau Gua Siluman. Nama Buniayu merupakan gabungan dari kata "buni" yang memiliki makna tersembunyi dan "ayu" atau cantik.

Gua ini memiliki luas area sekitar 10 hektar, dengan kedalaman sekitar 50 meter di bawah permukaan bumi. Objek wisata tersebut menyajikan keindahan alam yang memukau dan menarik hati karena terdiri dari stalaktit, stalakmit, flow stone, drapery, column, gourdam dan lain-lain.

Penjelajahan di Gua Buniayu membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan, dengan 3 zona berbeda yaitu zona terang, zona senja dan zona gelap abadi.

Dalam zona terang, kamu masih bisa dimanjakan dengan sinar matahari yang menerangi gua. Sehingga, segala ornamen yang ada di dalamnya masih bisa terlihat dengan jelas. 

Sedangkan pada zona senja, sinar matahari sudah mulai meredup karena celah gua yang semakin mengecil. Lalu, di zona gelap abadi, kamu membutuhkan headlamp untuk menerangi keadaan goa dan sekelilingnya.

Di tempat ini tersedia beberapa fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari penginapan dan homestay, saung dan aula, camping ground, fasilitas outbound, toilet, warung makan dan fasilitas lainnya.

4. Curug Cigangsa

Curug CigangsaCurug Cigangsa adalah objek wisata yang berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Instagram/@@endang_sulaiman)

Curug Cigangsa atau yang biasa disebut Curug Luhur berada di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.  

Curug yang terbentuk karena bekas longsoran ini memiliki keunikan dibanding dengan yang lainnya, yakni dinding curugnya yang bewarna hitam. 

Pemandangan alam yang ditawarkan di Curug Cigangsa sangat memanjakan mata kamu. Selain hamparan sawah yang hijau dan menguning, kamu juga bisa melihat alam bebas disekitarnya.

Wisata yang satu ini masih tergolong sepi pengunjung, jadi berada di curug cigangsa seperti area pribadi. Tempat ini sangat cocok untuk merilekskan pikiran kamu dari segala penatnya aktivitas. 

5.Pantai Ombak Tujuh  

Pantai Ombak TujuhPantai Ombak Tujuh, salah satu objek wisata yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Instagram/@david8js)

Pantai Ombak Tujuh berada di wilayah perbatasan Kecamatan Ciracap dengan Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Tempat wisata ini memiliki keindahan yang memukau. 

Pantai yang dikenal dengan ketinggian ombaknya yang mencapai 6 meter, menjadi lokasi favorit untuk menjajali surfing. Namun, di objek wisata ini, kamu dilarang untuk berenang karena tingginya ombak dan dikelilingi batu karang. 

Di sana juga terdapat sebuah tempat yang bernama karang Santigi dan Muara Cibuaya yang bisa digunakan untuk memancing. Jadi, nikmatilah liburan kamu dengan mengunjungi lokasi wisata yang ada di Sukabumi, karena wisata ini banyak memberikan pengalaman yang menarik.[]  

Baca juga:

Berita terkait
Lima Destinasi Wisata Aneh di Dunia
Beberapa kawasan wisata ini dikenal karena menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa dan belum tentu dapat dilihat di tempat lain.
Lima Wisata Taman Bunga Paling Romantis di Indonesia
Sejumlah tempat wisata dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya yang menyukai keindahan hamparan bunga-bunga.
Tujuh Destinasi Wisata Buat Single Backpacker
Ada kalanya ingin melakukan single atau solo backpacker, menghabiskan waktu rehat sendirian atau me time.
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa 2020 Kabupaten Kendal
Tagar menyajikan jadwal imsak, puasa puasa dan salat lima waktu selama Ramadan 2020 untuk Kabupaten Kendal.