Lima Penyakit Mematikan Bisa Membunuh Wanita

Kaum hawa harus waspada dengan penyakit mematikan yang bisa mengancam kesehatan, penyakit apa sajakah itu?
Kanker payudara penyakit mematikan bagi wanita. (Foto: Instagram/@fudacancerhospital)

Jakarta - Semua orang khususnya kaum hawa sudah pasti ingin memiliki kondisi kesehatan yang prima. Namun perlu diwaspadai, wanita ternyata memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang sejumlah penyakit yang mematikan.

Sebenarnya terdapat cara sederhana untuk mencegah penyakit mematikan tersebut, seperti memulai pola hidup yang sehat. Sekarang ini banyak perawatan medis yang bisa memperlambat proses perkembangan penyakit itu.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah penyakit mematikan yang bisa membunuh kaum hawa.

1. Kanker Serviks

Kanker serviks tumbuh pada sel-sel di leher rahim, dan jenis penyakit ini yang paling mematikan bagi kaum hawa. Umumnya wanita yang sering berganti pasangan untuk melakukan hubungan intim lebih rentan terkena penyakit itu.

Gejala yang timbul ketika wanita mengidap jenis kanker tersebut, baru akan terlihat ketika sudah mulai menyebar. Biasanya perempuan yang menderita kanker ini ditandai dengan sakit perut yang luar biasa selama menstruasi, sakit perut, dan pendarahan setelah melakukan hubungan intim.

2. Kanker Payudara

Penyakit ini terbentuk saat sel-sel di dalam payudara tumbuh tidak normal dan tidak terkendali. Kanker payudara timbul di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus) atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Namun, bisa saja di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

Jenis kanker ini seringkali sulit terdeteksi di tahap awal karena ukurannya yang kecil. Gejala yang sering muncul, yaitu timbulnya benjolan pada payudara, hal itu juga jika ukurannya sudah cukup besar.

Meski begitu, tidak semua benjolan yang timbul di payudara berarti kanker. Tetapi untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut guna mendeteksi penyakit itu. 

Umumnya kanker payudara ini terjadi pada wanita, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang laki-laki.

3. Kanker Ovarium

Hingga saat ini, penyebab terjadinya kanker ovarium belum diketahui secara pasti. Jenis kanker ketujuh yang paling umum di dunia ini telah menjangkit lebih dari satu juta wanita setiap tahunnya.

Kanker ovarium muncul di jaringan indung telur pada kaum hawa, khususnya yang sudah lanjut usia atau pascamenopause. Penyakit ini jarang menimbulkan gejala pada stadium awal, dan biasanya terdeteksi jika sudah memasuki stadium lanjut atau menyebar ke organ lain.

4. Anemia

Anemia yaitu kondisi tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Jika sudah mengidap penyakit ini, organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, sehingga penderitanya mengalami rasa mudah lelah serta pucat.

Gejala anemia sangat bervariasi, tergantung dari penyebabnya. Namun, beberapa tanda akan muncul pada penderitanya, seperti lemas dan cepat lelah, sakit kepala dan pusing, kulit pucat kekuningan, detak jantung tidak teratur, nyeri dada, napas pendek, dan merasakan dingin di tangan serta kaki.

Wanita mengidap sakit ini tentu sangat rentan mengalami masalah kandungan diantaranya, keguguran saat hamil, kerusakan otak pada janin, dan perkembangan fisik anak yang buruk hingga risiko kematian saat ibu melahirkan.

Penyakit ini bisa menimpa kaum hawa karena wanita memiliki kadar hemoglobin dan hematokrit lebih rendah ketimbang pria. Selain itu, perempuan pada dasarnya membutuhkan asupan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

5. Jantung

Tercatat 38 persen dari kaum hawa meninggal terkena serangan jantung dibandingkan dengan pria yang hanya memiliki peluang 28 persen saja. Terlebih ketika wanita tersebut merokok, risiko terserang penyakit ini lebih mudah.

Umumnya tanda-tanda serangan jantung yang menjangkit perempuan seperti, nyeri di bagian dada, nyeri di lengan, punggung, leher atau rahang, sakit perut, sesak napas, mual atau pusing, berkeringat dingin, rasa lelah yang selalu timbul. []

Baca juga:

Berita terkait
Mengenal Kanker Ginjal yang Menyerang Vidi Aldiano
Penyanyi solo Vidi Aldiano mengidap kanker ginjal, kenali pencegahan dan pengobatan penyakit tersebut.
Khasiat Ular Kobra, Ternyata Dapat Sembuhkan Kanker
Ular kobra dikenal berbahaya, tetapi siapa sangka baik untuk kesehatan, berikut Tagar berikan ulasannya.
Vidi Aldiano Idap Kanker, Rossa dan Raisa Kirim Doa
Penyanyi Rossa dan Raisa berikan doa kepada Vidi Aldiano yang akan menjalani operasi lantaran menderita penyakit kanker di bagian ginjal kirinya.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.